PS Tira Tertahan di Zona Merah, PSIS Melesat ke Papan Tengah

232

JawaPos.com – PS TNI Rakyat (Tira) tetap tertahan di zona merah usai dipermalukan oleh tamunya, PSIS Semarang dengan skor 0-1 dalam laga lanjutan Liga 1 2018 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu (17/10) sore WIB. Gol tunggal tim tamu dicetak oleh Bruno Silva pada menit ke-41.



Hasil itu membuat PS Tira tertahan di posisi 16 dengan 28 poin. Sementara, PSIS melesat ke papan tengah, yakni posisi 10 dengan 33 poin. Kedua tim mengawali pertandingan pekan ke-26 Liga 1 2018.

Bermain sebagai tuan rumah, PS Tira sebenarnya mampu tampil lebih menekan. Pada 15 menit babak pertama, tim berjuluk The Young Warriors ini berhasil menguasai lini tengah.

PS Tira, PSIS Semarang, Liga 1 2018, Bruno Silva
PSIS berhasil membalas dendam kekalahan pada pertemuan pertama (Ridho Hidayat/JawaPos.com)

Hanya saja, ketika sampai di lini pertahanan PSIS, bola justru kerap ditarik ke belakang. PS Tira pun sempat memberikan ancaman melalui pemain belakangnya, Abu Bakr. Sayang sundulannya pada pertengahan babak pertama tak mampu menaklukkan kiper PSIS, Jandia Eka Putra.



Pada menit ke-41, PSIS yang melakukan penetrasi melalui sisi kiri berhasil menembus pertahanan PS Tira. Gelandang Ibrahim Conteh yang memberikan umpan matang kepada Bruno Silva berhasil dimanfaatkan dengan baik.



Tendangan terukur striker berkepala plontos itu memaksa kiper PS Tira, Angga Saputra memungut bola dari jala gawangnya. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tim tamu.



Tertinggal membuat anak-anak asuhan Nilmaizar mencoba untuk bangkit. Pada menit ke-46 babak kedua, Mahdi Albar ditarik keluar digantikan Abduh Lestaluhu untuk menutup kelemahan di lini belakang.



Kemudian pada menit ke-63, Dimas Drajad dimasukkan menggantikan Manahati Lestusen di lini tengah. Hasilnya tuan rumah bermain terus menekan.



PSIS yang sudah unggul bermain lebih bertahan dengan menumpuk pemain di lini belakang. Strategi yang diterapkan oleh tim berjuluk Mahesa Jenar itu cukup berhasil.



Beberapa kali upaya yang dilakukan oleh para pemain PS Tira tak mampu meembuahkan gol. Skor 1-0 untuk kemenangan PSIS bertahan hingga akhir pertandingan.



PS Tira 0-1 PSIS Semarang
(Bruno Silva 41)



SUSUNAN PEMAIN:
PS Tira: Angga Saputra; Abu Bakr Radanfah, Didik Wahyu, Mahdi Albar (Abduh Lestaluhu, 46′), Muhammad Kasim Slamat; Ahmad Nufiandani (Sansan Husaeni, 78′), Dzimitry Rekish, Izmy Yaman Hatuwe, Jeon Wooyoung, Manahati Lestusen (Dimas Drajad, 63′); Alexsandar Rakic.
Pelatih: Nilmaizar



PSIS Semarang: Jandia Eka Putra; Fauzan Fajri, Gilang Ginarsa, M Rio Saputro, Safrudin Tahar; Bayu Nugroho (Melcior Majefat, 60′), Ibrahim Conteh, Muhammad Yunus (Hafit Ibrahim, 38′), Nerius Alom; Bruno da Silva, Hari Nur.
Pelatih: Jafri Sastra



(dho/JPC)