PESTA RAKYAT: Country Head Indonesia BASF Agricultural Solution, Ganesh P Satyagraha menyerahkan potongan tumpeng kepada perwakilan petani dalam Pesta Rakyat 25 Regent di Lapangan Gajah, Minggu (9/9). (hib@radarsemarang.com)
PESTA RAKYAT: Country Head Indonesia BASF Agricultural Solution, Ganesh P Satyagraha menyerahkan potongan tumpeng kepada perwakilan petani dalam Pesta Rakyat 25 Regent di Lapangan Gajah, Minggu (9/9). (hib@radarsemarang.com)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Kegiatan jalan sehat yang digelar PT BASF Indonesia di lapangan Gajah, Desa Gajah, Kecamatan Gajah Kabupaten Demak Minggu pagi (9/9) lalu berjalan meriah. Selain jalan sehat, kegiatan yang diikuti lebih dari 2 ribu peserta dari kalangan kelompok tani dari berbagai daerah tersebut juga disemarakkan dengan lomba bakiak, hiburan serta pengundian doorprize.

Supervisor BASF Jateng, Babar Wicaksono mengatakan, kegiatan yang dikemas dalam pesta rakyat tersebut dilakukan dalam rangka 25 tahun Regent. Regent merupakan salah satu produk insektisida untuk pembasmi hama dari BASF. “Selain jalan sehat, kita adakan donor darah, bazaar, games, dan entertainment,” katanya.

Sejumlah penyanyi yang didatangkan untuk menghibur peserta jalan sehat adalah, Amel Silvy, Uci Farantika, Aneth Koeswoyo dan Chika Kanza. Adapun doorprizenya berbagai macam, seperti kipas angina, magic com, alat semprot hama dan lainnya. Sedangkan, grandprize adalah satu unit sepeda motor Suzuki Nex II.

“Untuk penggunaan regent diwilayah Demak ini memang terbanyak. Tidak hanya untuk membasmi ham padi saja, tapi juga tanaman kacang hijau. Kepemilikan lahan petani juga tinggi. Rata rata setengah hektare,” ujarnya.

Country Head Indonesia BASF Agricultural Solution, Ganesh P Satyagraha mengatakan, kegiatan jalan sehat merupakan bagian dari rangkaian kegiatan serupa yang digelar di daerah lain. Yaitu, di Kediri Jawa Timur dan Subang, Jawa Barat.

“Kegiatan ini adalah bentuk apresiasi kita dari BASF kepada petani. Banyak kelompok tani dari berbagai daerah yang kita undang untuk ikut acara ini. Setidaknya, sudah 25 tahun, regent salah satu insektisida produk BASF telah menemani petani dalam membasmi dan penanggulangan hama,” katanya.

Menurutnya, tercatat ada 3 juta petani pengguna regent dengan areal lahan seluas 350 ribu hektare. “Peningkatannya 10 persen setahun,”jelas Ganesh. Dia menambahkan, penggunaan produk regent dites ulang setiap 5 tahun sekali. Selain menguji kualitas juga untuk mengetahui dosis agar sesuai anjuran sehingga tetap ramah lingkungan. “Jadi, semua ada tesnya. Kita layani petani dari Aceh sampai Papua,” kata Ganesh. (hib/adv/bas)