30 C
Semarang
Rabu, 21 April 2021

Marbot Diajak Jaga Kebersihan Masjid

spot_img
spot_img

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Semarang bekerja sama dengan LSM Persada mengadakan training of trainer (TOT) di Aula SMP Islam Terpadu PAPB Semarang, Minggu (19/8). Pelatihan yang bertujuan untuk mengedukasi takmir dan marbot dalam melaksanakan program bersih-bersih masjid dihadiri pengurus dan marbot dari 100 masjid.

“Masjid itu perlu bersih. Karena dengan bersihnya masjid akan bisa memberikan kenyamanan untuk jamaah. Walau masjid sekarang sudah menggalakkan program kebersihan, hanya saja di toilet-toilet masjid, kebersihannya masih perlu diperhatikan dan ditingkatkan lagi,” ungkap Ketua DMI Kota Semarang Achmad Fuad.

Setelah masjid bersih, Fuad juga mengimbau agar masjid steril dari kampanye politis, utamanya dalam hal ujaran kebencian di tahun politik ini. “Jangan sampai masjid ini dikotori oleh ujaran kebencian, apalagi hingga kemasukan paham radikal,” terangnya.

Direktur LSM Persada Widiandayani memaparkan, kebersihan masjid yang ada sangat digantungkan kepada marbot dan belum menyentuh pada upaya partisipatif eleman masjid. Sehingga marbot merupakan kunci dalam menjaga kebersihan. “Lewat training inilah, kami ingin mengedukasi mengenai hidup sehat terhadap marbot. Dan yang lebih penting, juga mendorong komunitas masjid untuk bersama-sama menjaga kebersihan diri dan masjid secara berkelanjutan,” ungkapnya.

Perwakilan DMI Jawa Tengah, Sarjuli mengimbau agar para takmir masjid mengurus izin bangunan dan sertifikat tanah wakaf bagi masjid yang belum memiliki. (*/ton)

spot_img

Latest news

Related news