Gerakan Revolusi Mental Disosialisasikan

288
PEMAPARAN : Sosialisasi Gerakan Revolusi Mental oleh tim II KKN Undip Desa Bejen kepada perangkat desa di Balai Desa Bejen, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung. (IST)

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG-Mahasiswa tim II KKN Undip Desa Bejen, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung mengadakan pertemuan dengan seluruh perangkat desa pada Selasa (24/7). Pertemuan digelar untuk memaparkan seluruh program yang akan dilaksanakan di desa Bejen, baik itu program monodisiplin maupun kegiatan revolusi mental sebagai program multidisiplin.

Koordinator Desa Muhammad Yani memaparkan seluruh potensi permasalahan yang ada di Desa Bejen yang didapatkan ketika dilakukan survei. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan prioritas permasalahan yang diangkat menjadi program monodisiplin oleh  masing-masing mahasiswa. Setelah pemaparan program selesai, mahasiswa tim II KKN Undip Desa Bejen mulai melaksanakan serangkaian kegiatan dari program Revolusi Mental.

Revolusi mental merupakan suatu gerakan pemerintah dan rakyat untuk mengangkat kembali nilai-nilai strategis yang diperlukan bangsa dan negara untuk mampu menciptakan ketertiban dan kesejahteraan masyarakat.  “Harapannya dapat memenangkan persaingan di era globalisasi yang diwujudkan dalam Gerakan Indonesia Melayani,” jelasnya.

Kegiatan Revolusi Mental selanjutnya adalah pemaparan 3S (senyum, sapa, salam). Dalam hal ini dijelaskan tentang apa itu senyum, sapa dan salam, alasan mengapa hal tersebut penting untuk dilakukan. Dilanjutkan dengan pemaparan pengurusan akta kelahiran. Dijelaskan tentang perlunya mengurus akta kelahiran, syarat-syarat pengurusan yang harus dipenuhi serta alur pengurusan akta kelahiran.

Tim juga menjelaskan apa itu dana desa, tujuan dana desa, prinsip penggunaan serta alokasi dana desa. Namun berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan, Desa Bejen sudah sangat baik dalam hal pengelolaan dana desa. Telah terdapat spanduk di depan kantor Kelurahan yang menjelaskan tentang alokasi dana desa. Masyarakat juga bisa mengajukan pertanyaan seputar hal-hal yang disosialisasikan lewat tanya jawab dengan tim II KKN Undip Desa Bejen.  (adv)