Kabupaten Magelang Kembali Raih Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak

238
BERKOMITMEN : Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP dengan piala penghargaan Kota Layak Anak dari pemerintah pusat.  (Dok Humas Kabupaten Magelang)
BERKOMITMEN : Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP dengan piala penghargaan Kota Layak Anak dari pemerintah pusat.  (Dok Humas Kabupaten Magelang)

RADARSEMARANG.COM – Pemerintah Kabupaten Magelang kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Pada puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN), Pemkab Magelang menerima penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) sebagai Kabupaten Layak Anak kategori Madya.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Menteri PPA Yohana Yembise kepada Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP, bertempat di Dyandra Convention Center Surabaya Senin (23/7).

“Kami memberikan penghargaan sebanyak-banyaknya agar kabupaten kota yang belum berkesempatan terus berpacu. Sekaligus agar kabupaten kota dapat mendorong keluarga, masyarakat media di wilayahnya semakin paham upaya pemenuhan hak anak “ kata Yohana Yembise.

Penghargaan yang diberikan total ada 177 penghargaan dari 389 kabupaten kota yang dievaluasi. Sebanyak 177 di antaranya diberikan kepada 10 pemerintah provinsi.

Penghargaan Utama Kota Layak Anak (KLA) diberikan kepada 2 kota, penghargaan Nindya diberikan kepada 11 kabupaten kota, penghargaan Madya diberikan kepada 51 kabupaten kota dan penghargaan Pratama diberikan kepada 113 kabupaten kota.

Menurut Bupati Magelang Zaenal Arifin penghargaan ini merupakan yang kesekian kalinya yang diterima oleh Kabupaten Magelang sebagai Kabupaten Layak Anak. Sebelumnya penghargaan yang sama diterima Kabupaten Magelang pada 2012 hingga 2018.

“Ini merupakan penghargaan dari pemerintah pusat (Kementerian PPA) atas komitmen Pemkab Magelang, serta partisipasi dari masyarakat, dunia usaha dalam membantu pemenuhan hak anak, “ ujarnya usai menerima penghargaan.

Pemerinah Kabupaten Magelang akan terus berkomitmen memberikan pemenuhan layanan terhadap hak-hak anak untuk dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan fase-fase perkembangan anak.

“Oleh karena itu kami mengimbau kepada seluruh orang tua untuk dapat memberikan asuhan serta pendampingan kepada anak, agar anak dapat tumbuh dan berkembang selayaknya dunia anak.”

Bupati berharap kepada orang tua agar tidak menyerahkan pengasuhan anak kepada gadget, seperti yang terjadi di sebagian masyarakat modern saat ini. Namun selalu memberikan pendampingan terhadap tumbuh kembang anak.

Menurutnya saat ini banyak anak yang mengalami “kedewasaan dini“ akibat maraknya alat komunikasi modern seperti hand phone, internet yang dengan sangat mudah diakses oleh anak-anak di bawah umur.

Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Perlindungan, Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Dinsos PPKB PPPA) Retno Indriastuti mengatakan dengan penghargaan ini pihaknya akan mempercepat pemenuhan hak-hak anak dan perlindungan anak di Kabupaten Magelang. Caranya dengan penguatan gugus tugas kabupaten, kecamatan dan desa. (adv)