Beranda Edisi Khusus Hasilkan 16 Perda Inisiatif, Setujui 30 Perda Eksekutif

Hasilkan 16 Perda Inisiatif, Setujui 30 Perda Eksekutif

Jelang 5 Tahun Kinerja DPRD Jateng

Others

RADARSEMARANG.COM – KINERJA Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah di penghujung masa jabatannya yang kurang beberapa bulan lagi, telah menghasilkan 16 Peraturan Daerah (Perda) yang bersumber dari inisiatif DPRD Jateng (lihat tabel) dan menghasilkan 30 perda yang diusulkan eksekutif. “Perda tersebut ditetapkan dalam kurun waktu 2014-1017,” kata Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Jateng, Yudi Indras Indarto.

Meski demikian, kata anggota Komisi E DPRD Jateng ini, di tahun 2018 membahas 5 rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif dewan, yakni 1) Penyelenggaraan Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat, 2) Pengembangan Desa Wisata Di Jawa Tengah, 3) Penyelenggaraan Badan Usaha Milik Daerah Provinsi  Jawa Tengah, 4) Pengembangan Pembangunan Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah, dan 5) Sistem Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Selain itu masih membahas 2 raperda inisiatif lanjutan tahun lalu yang meliputi 1) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan 2) Pengelolaan Air Tanah di Provinsi Jawa Tengah.

Sekarang ini, pihaknya sedang melakukan pencabutan 4 perda. Yakni, 1) Perda Provinsi Jawa Tengah No. 4 Tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan Yang Menjadi Kewenangan Pemerintahan Daerah Provinsi Jawa Tengah. 2) Pencabutan Beberapa Ketentuan Dalam Perda No. 4 Tahun 2013 tentang Pengambilan Dan Pemanfaatan Air Permukaan di Provinsi Jawa Tengah. 3) Pencabutan Beberapa Ketentuan Dalam Perda Provinsi Jawa Tengah No. 8 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Perhubungan Di Provinsi Jawa Tengah. 4) Pencabutan Beberapa Ketentuan Dalam Perda Provinsi Jawa Tengah No. 9 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.

Sedangkan perda usulan eksekutif yang dimintakan persetujuan  DPRD Jateng di tahun 2018 dan saat ini masih dibahas, ada 14 Raperda. Yakni, Inovasi Daerah; Perubahan Kedua Atas Perda Provinsi Jawa Tengah Nomor 1 Tahun 2011 tentang Retribusi Daerah Provinsi Jawa Tengah; Pembentukan Perseroan Terbatas Sarana Migas (Holding Migas); dan lainnya (lihat tabel). “Perda inisiatif ini bagian dari fungsi dewan dalam meningkatkan kualitas fungsi Legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. Masuh dalam Program Legislasi daerah (Prolegda),” kata Yudi.

Menurutnya, kinerja dewan dalam menghasilkan perda, relatif tidak ada kendala. Hanya saja, ada juga raperda yang tidak bisa dilanjutkan pembahasannya karena aturan dari pusat berupa Peraturan Pemerintah (PP) belum ada atau ada perubahan aturan perundang-undangan. “Filosofi pembuatan perda adalah menghasilkan perda berkualitas yang menjawab dinamika masyarakat dan perda implementatif dalam kehidupan masyarakat,” kata anggota Badan Kehormatan (BK) DPRD Jateng ini.

Menurutnya, DPRD Jateng mendorong tiap komisi menghasilkan perda yang implementatif agar tidak menghamburkan anggaran. Seperti Perda Ketahanan Keluarga, sangat dibutuhkan masyarakat. Selain itu, menjadi payung hukum pemerintah, mulai dari Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi maupun dinas lainnya. “Makanya, kami berharap perda yang dihasilkan dewan bisa memberikan kepastian hukum kepada masyarakat,” kata Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jateng ini.

Dia berharap kepada seluruh anggota dewan 2014-2019, menunjukkan kinerja yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat Jateng. Sehingga bisa mewarnai dan meningkatkan taraf hidup masyarakat dan meningkatkan pembangunan Jateng.

Demikian halnya dengan Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi, berharap Perda yang dihasilkan DPRD Jateng bisa berguna bagi masyarakat sehingga memiliki tatanan yang jelas dan teratur. “Kami selalu menekankan, untuk tidak melihat kuantitas, tapi fokus pada kualitas perda inisiatif yang dihasilkan dewan. Dengan kualitas yang baik akan lebih berguna dan bisa diterapkan masyarakat,” tandasnya. (adv/ida)

Stay Connected

12,288FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Semut Raksasa

Related News