32 C
Semarang
Jumat, 18 Juni 2021

Makan Krupuk di Atas Egrang

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI terasa meriah di SMK Citra Medika Kota Magelang, Senin (14/8). Selain menghias halaman sekolah bernuansa zaman dulu, sekolah ini juga mengadakan festival permainan tradisional. Salah satu yang unik, lomba makan krupuk sambil naik egrang.

Jelas saja, lomba ini mengundang tawa dari para penonton. Tidak jarang, peserta terjatuh saat berjalan dengan egrang untuk mendekati deretan krupuk yang sudah digantung panitia. Juga kurangnya keseimbangan saat memakan krupuk di atas egrang. Meski demikian, beberapa siswa berhasil menyelesaikan tantangan ini.

Sekretaris OSIS SMK Citra Medika Kota Magelang, Nala Sasmita, mengungkapkan acara ini bertujuan menghidupkan kembali akar budaya yang saat ini tengah mengalami masa kritis, serta untuk membentuk jati diri. “Jika dilihat sekarang, banyak sekali generasi muda yang tidak mengenal budayanya. Mirisnya lagi lebih menyukai budaya lain sepeti K-Pop dibandingkan tembang dolanan atau lagu nasional, dan bahkan meniru sikap negatif budaya lain seperti pergaulan bebas,” ungkapnya dalam acara bertajuk “Kampung Citra Medika Tempo Dulu Rasa Baru”.

Wakil Kepala SMK Citra Medika Bidang Kesiswaan, Sri Haryani menambahkan, fragmen yang ditampilkan sebagai pengingat kegigihan para pejuang dulu. Harapannya, anak-anak zaman sekarang mengerti dan menghargai perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Sementara permainan tradisonal yang dihadirkan sebagai upaya menumbuhkan jiwa sportivitas, sosial, keterampilan, dan keakraban antar siswa. Beberapa permainan yang dilakukan seperti egrang batok, lompat tali, benthik, engklek, semprengan, babi pincang, cublak-cublak suweng, dakon, jamuran, bekel dan seledor. (mg22/mg25/mg26/put/ton)

Latest news

Related news