RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi rencananya akan datang ke Semarang untuk membuka acara Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) tahun 2018. Acara berlangsung di halaman Gedung Merbabu, Kompleks Pusat Rekreasi Promosi dan Pembangunan (PRPP) Jateng, Minggu (12/8) ini.

Pembukaan PNKJ ditandai dengan gerak jalan massal yang diikuti 2.000 peserta. Tujuan kegiatan ini untuk menggugah kesadaran pengguna jalan agar tertib dan taat aturan lalu-lintas. Selain Budi, acara juga dihadiri Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wakil Wali Kota Semarang, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Para Pejabat Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kepala Dinas Perhubungan Se-Jateng dan DIY, serta segenap jajaran Muspida Povinsi Jawa Tengah dan Kota Semarang.

“Kegiatan ini digelar mengurangi angka kecelakaan di jalan raya,” kata Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat Wilayah X Provinsi Jateng dan DIY, Prasetyo.

Pada PNKJ kali ini, menurut Prasetyo, rangkaian kegiatan lebih menyasar kepada anak-anak dan remaja. Alasannya, angka kecelakaan di jalanan didominasi oleh kalangan remaja dan anak-anak. “Kecelakaan ini biasanya terjadi karena melakukan pelanggaran lalu-lintas,” tambahnya.

Dalam acara tersebut, juga akan diisi dengan dialog keselamatan, Safety Riding Polda Jateng, dan penampilan marching band PIP Semarang. Pada Sabtu (11/8), rangkaian yang dilakukan adalah lomba menggambar tingkat pelajar SD dan SMP yang digelar di Hotel Ibis Simpang Lima. “Total pesertanya 101 siswa dari berbagai sekolah yang ada di Semarang dan sekitarnya,” ucapnya.

Prasetyo berharap, pengenalan budaya tertib lalu-lintas yang dilakukan sejak anak duduk di sekolah dasar akan dapat mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. “Kecelakaan di jalan raya ini biasa terjadi akibat dari pelanggaran lalu-lintas. Pelanggaran itu biasanya tidak memakai helm, naik motor berboncengan tiga atau empat, dan menyeberang secara sembarangan,” tandasnya. (den/ton)