Beranda Untukmu Guruku Masa Orientasi Pintu Gerbang Menuju Sukses

Masa Orientasi Pintu Gerbang Menuju Sukses

Others

RADARSEMARANG.COM – TAHUN ajaran baru bagi sekolah atau madrasah selalu diawali dengan mengenalkan sekolah atau madrasah kepada peserta didik baru. Banyak istilah yang digunakan untuk menyebut pengenalan sekolah atau madrasah kepada peserta didiknya. Mulai dari MOS (Masa Orientasi Siswa), MOSIBA (Masa Orientasi Siswa Baru), di madrasah ada MATSAMA (Masa Ta’aruf Santri Madrasah) MOPDIK (Masa Orientasi Peserta Didik) dan banyak lagi istilah-istilah yang digunakan untuk menyebut masa pengenalan sekolah atau madrasah.

Pada intinya Masa Orientasi Siswa adalah sebuah kegiatan sekolah/madrasah yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan sekolah/madrasah kepada para siswa dan siswi yang baru memasuki sekolah/madrasah sebagai anak baru pada satuan pendidikan tertentu, dengan maksud untuk menghormati, mencintai dan memahami tentang sekolah/madrasah dan seluruh komponen civitas akademika yang ada.

Satuan pendidikan pun telah merancang kegiatan dengan baik agar maksud dari pengenalan satuan pendidikan beserta seluruh komponennya tersampaikan dengan baik. Namun terkadang kegiatan tersebut di salah artikan oleh sebagian masyarakat, sehingga banyak yang menganggap bahwa kegiatan MOS dianggap sebagai kegiatan negatif yang tidak baik dan kurang mendidik. Bahkan ada pula yang menyebutkan MOS sebagai kegiatan perpeloncoan oleh orang awam.

Karenanya, di Madrasah Tsanawiyah Daarul Ishlah Bandar sejak tahun pelajaran 2001/2002 sampai sekarang masih terus berjalan menggunakan sistem MOS dengan kegiatan yang positif dan tidak mengenalkan kegiatan aneh, seperti halnya membuat tas sekolah dengan kantong plastik kresek bertopikan daun, berkaos kaki yang berbeda satu dengan yang lain, serta membawa bekal dengan lauk tempe separo digoreng separo direbus, serta keanehan-keanehan lain yang menurut penulis tidak ada relevansinya dengan pengenalan madrasah.

Bersyukur pemerintah melalui Dinas Pendidikan maupun Kementerian Agama telah  memberikan penjelasan dan panduan dalam melaksanakan kegiatan masa orientasi siswa di sekolah/madrasah, sehingga kegiatan MOS benar-benar dilakukan dengan semestinya dan tidak menimbulkan kontroversi di kalangan umum. Tidak hanya pada pendidikan dasar dan  menengah saja ada kegiatan pengenalan peserta didik baru, kegiatan MOS pun tetap berlaku di perguruan tinggi, namun dengan sebutan yang berbeda, yakni OSPEK, akan tetapi maksud dan tujuannya adalah sama dengan MOS.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini, penulis akan menyampaikan beberapa kata kata bijak tentang Masa Orientasi Siswa yang selalu penulis tanamkan pada peserta didik baru di madrasah. Pertama, semua orang adalah guru. Setiap orang bisa dihargai sebagai seorang guru, dia yang menyebabkan orang lainnya mengetahui sesuatu yang belum pernah diketahuinya.

Kedua, semua orang adalah murid. Semua orang bisa berposisi sebagai penerima pengetahuan dari orang lain. Ketiga, semua tempat adalah tempat belajar, dalam konteks belajar tidak melulu di dalam ruang kelas.

Keempat,  belajar dengan sengaja, sadar dan teratur, belajar haruslah dengan keadaan sadar dalam arti memiliki niatan kuat dan iklas serta belajar dan terus belajar, karena pengetahuan tidak bisa didapat secara instan.

Kelima, belajar sepanjang hayat.  Mencari ilmu tidak ada batasan waktu dan usia. Dalam Islam sendiri tidak ada batasan untuk orang mencari ilmu yang ada hanya anjuran supaya terus belajar dan mencari ilmu.

Memperkenalkan sekolah/madrasah berarti menghayati, menyentuh, merasakan dan mengajarkan mereka untuk menjadi insan yang hebat di kemudian hari, karena kepandain/kecerdasan sesungguhnya memiliki empat aspek, yaitu kecerdasan spiritual/ketuhanan, kecerdasan emosional, kecerdasan sosial dan kecerdasan intelektual.

Semoga dengan manajemen MOS yang baik, benar-benar mampu menghantarkan calon-calon penerus bangsa menuju sukses. Sehingga tercipta bangsa hebat bermartabat dan berdaya saing di masa mendatang. Semoga. (kpig2/aro)

Guru Mapel Akidah Akhlak MTs  Daarul Ishlah Bandar

Stay Connected

12,288FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Semut Raksasa

Related News