26 C
Semarang
Senin, 7 Juni 2021

Pedagang Bendera Musiman Menjamur

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Pedagang bendera musiman mulai menjamur di pinggir jalan Kota Magelang. Mereka menjajakan pernak-pernik untuk perayaan HUT ke-73 Republik Indonesia (RI). Mulai dari bendera, umbul-umbul, hingga aksesoris merah putih lainnya.

Seorang pedagang makanan asal Bandung, Jawa Barat, Agung Abdul beralih jualan bendera musiman ke Kota Sejuta Bunga sejak pekan lalu. Dua kali momentum Agustusan, ia mendapat untung yang besar. “Laba tahun lalu lumayan. Saya bisa nutup modal sekitar Rp 60 juta,” aku pria 22 tahun yang berjualan di sekitar Jalan Mayjen Bambang Soegeng, Kota Magelang, Rabu (1/8).

Pernak-pernik yang ia jual bermacam-macam. Diantaranya, bendera kecil plastik, hiasan mobil hingga umbul-umbul. Harga yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 250 ribu, tergantung jenis dan ukurannya. “Yang paling laris bendera hiasan baik berbahan kain maupun plastik. Berbeda jika sudah masuk bulan Agustus, biasanya banyak yang cari model umbul-umbul,” ungkapnya.

Penjual bendera asal Garut Jawa Barat, Yoyon, sudah berjualan di kawasan Jalan Gatot Soebroto Magelang setiap menjelang Agustus. “Sudah biasa kita jualan bendera di momen Agustusan dan saya sendiri sudah sejak tahun 2011 lalu,” kata Yoyon.

Salah satu pembeli asal Kauman Kota Magelang, Dedi, 45, mengaku terbantu dengan keberadaan penjual pendera. Ia tidak perlu repot untuk keluar masuk toko mencari bendera, karena sudah tersedia lengkap di penjual tiban ini. “Saya mencari bendera ukuran sedang untuk hiasan di rumah. Baru kali ini beli, karena bendera yang saya punya sudah kotor,” tukas Dedi. (mg22/ mg31/mg32/had/put/ton)

Latest news

Garuda Ayolah

Related news