Rusun Wates Ditarget Selesai Akhir 2018

  • Bagikan
MASIH PROSES : Aktivitas pembanguan rusun sewa di Kelurahan Wates, Kota Magelang. (RONI WIDODO/RADAR KEDU)
MASIH PROSES : Aktivitas pembanguan rusun sewa di Kelurahan Wates, Kota Magelang. (RONI WIDODO/RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Pemkot Magelang memastikan pembangunan rumah susun (rusun) di Wates, Kecamatan Magelang Utara akan selesai pada akhir 2018 ini. Sekitar 76 unit hunian yang berdiri di atas lahan seluas 2.500 meter persegi itu bisa difungsikan tahun depan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Magelang, Handini Rahayu mengatakan, rusun sewa yang saat ini dibangun bertipe 3 x 6. Kapasitasnya lebih luas dari rumah susun sederhana sewa (rusunawa) tipe 2 x 4. Menurut Handini, perbedaan lain yang mencolok adanya penambahan satu ruang kamar anak-anak. “Jadi, rusun sewa ini dilengkapi ruang tamu, dua ruang tidur, dapur, dan kamar mandi untuk setiap unitnya,” kata Handini, kemarin.

Dia menjelaskan, rusun sewa tersebut dibangun empat lantai. Kendati demikian, khusus lantai satu atau dasar diprioritaskan bagi orang lanjut usia dan kaum disabilitas. “Fasilitas lantai satu juga disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti dibangunnya ram atau railing untuk jalan masuk,” tambahnya.

Ia berharap, adanya rusun sewa ini dapat memenuhi kebutuhan hunian warga Kota Magelang yang berpenghasilan rendah. Dari catatannya, terdapat sekitar 10.000 keluarga belum memiliki rumah. “Melalui pembangunan ini kita harapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan hunian yang layak, walaupun belum teratasi semuanya,” ujarnya.

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Magelang, Pemkot Magelang merencanakan penyediaan perumahan hingga tahun 2021 mendatang. Meliputi rusunawa, rumah susun sederhana milik (rusunami), dan rumah khusus. Target tahun ini, pemerintah setempat membangun masing-masing satu rumah susun sewa dan rumah khusus di Kelurahan Wates. (mg23/put/ton)

  • Bagikan