Beranda Berita Semarang Dorong Pemprov Atasi Kartel Pangan

Dorong Pemprov Atasi Kartel Pangan

Others

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-DPRD Jateng meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng dan Pemerintah Pusat memperketat pengawasan harga pangan di Jateng. Mengingat, harga kebutuhan pokok selalu melonjak setiap tahunnya. Terakhir, warga mengeluhkan kenaikan harga daging ayam dan telor, padahal Jateng merupakan daerah penyokong pangan.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Jateng, Yudhi Sancoyo geram melihat harga komoditas telur dan daging ayam yang mahal. Ia bersama Komisi B sudah terjun langsung ke sejumlah pasar tradisional di Jateng. “Harga mahal jelas tak wajar, apalagi terjadi hampir setiap tahun. Kami meminta Pemprov Jateng segera turun tangan untuk menurunkan harga yang dianggap tidak wajar,” katanya.

Ia mengaku, masyarakat sudah mengeluhkan harga telur dan daging ayam dalam beberapa pekan ini masih tinggi. Banyak alasan, jika kenaikan harga telur dan daging ayam karena dipengaruhi oleh kartel dagang. Semestinya satuan tugas (satgas) ketahanan pangan milik Pemprov Jateng segera bertindak.

“Kenaikan harga ini sangat dipengaruhi oleh kartel. Perbedaan harga yang sangat mencolok dari petani/peternak sampai ke pedagang. Ada apa dengan jaringan ini, kalau tidak kartel yang bermain,” tambahnya.

Anggota Komisi B DPRD Jateng, Akhsin Maruf juga berpendapat sama. Pihaknya mendesak Pemprov Jateng bersikap dan bertindak atas kasus naiknya harga telur dan daging ayam. Kedua komoditas tersebut, saat ini sudah masuk kebutuhan pokok. “Angka kenaikan yang tidak masuk akal, kalau dikaitkan dengan harga pakan atau sistem peternakan yang masih mahal,” ucapnya.

Pemerintah harus bisa memberikan jaminan harga di pasar kepada masyarakat. Jangan sampai harga kebutuhan pokok selalu tinggi, sehingga masyarakat yang akan dirugikan karena tak bisa menjangkau kebutuhan yang sangat dibutuhkan setiap hari. “Harus ada pengawasan ketat sampai konsumen. Jika ada penyelewengan, harus ditindak tegas,” tambahnya. (fth/ida)

Stay Connected

12,295FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Tesla Halmahera

Related News