31 C
Semarang
Senin, 19 April 2021

Pemkot Minta Warga Waspada Calon PNS

spot_img
spot_img

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Pemkot Magelang mengimbau masyarakat tidak mudah percaya terhadap pihak tertentu yang menjanjikan lulus tes penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Sebab mekanisme pendaftaran dan pelaksanaan seleksi CPNS akan dilakukan secara terpusat, berbasis computer assisted test (CAT) yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Negera (BKN). Meliputi seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Magelang, Aris Wicaksono menjelaskan, pemerintah daerah hanya sebagai fasilitator tes. Ia juga menginformasikan, hingga saat ini website resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) belum difungsikan.

“Pendaftaran CPNS ini bersifat gratis,” kata Aris, kemarin.

Aris menambahkan, pemkot telah mengusulkan 154 formasi CPNS sesuai jumlah aparatur sipil negara (ASN) yang pensiun pada tahun ini. Jumlah itu meliputi tiga formasi bidang pendidikan, kesehatan dan tenaga teknis penunjang infrastruktur. Kendati demikian, hasil pengajuan ini belum mendapat petunjuk resmi dari pusat.

“Syarat utama calon peserta CPNS adalah lulusan sarjana atau S1,” tambahnya.

Aris menegaskan, tidak benar, bila ada informasi penerimaan CPNS  lulusan SMA. Untuk itu, Aris meminta kepada masyarakat untuk melaporkan kepada pihak berwajib, jika mengetahui ada indikasi atau pun telah terjadi praktik calo seleksi CPNS. “Sebaiknya, calon peserta mencari laman kisi-kisi CAT, agar hasilnya saat tes bagus,” imbaunya. (put/lis)

spot_img

Latest news

Related news