32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

Sediakan Rp 144 Miliar Untuk Bangun 24 Pasar 

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Provinsi Jawa Tengah targetkan membangun 24 pasar di tahun 2018. Pasar ini dibangun dengan alokasi dana dari Kementrian Perdagangan sejumlah Rp 144 miliar.

Kepala Seksi Pengembangan Pasar dan Usaha Dagang Kecil Menengah Arief Hadiono mengatakan, pembangunan pasar tersebar merata di seluruh wilayah Jawa Tengah. Seperti Purbalingga, Magelang, pekalongan , Rembang, Banyumas, dan daerah lainnya.

“Memang ada daerah yang lebih banyak, karena langsung kontak ke pusat. Tapi secara keseluruhan hampir merata,” ujarnya saat ditemui di ruangannya.

Mengenai progres, pembangunan pasar di tahun 2018 ini memang sudah cukup banyak. Setiap tahun rata-rata ada sekitar 20-30 pasar yang dibangun. “Sesuai program pusat mengenai revitalisasi pasar. Pemerintah pusat menargetkan ada 5.000 pasar selama pemerintahan Presiden Jokowi,” ujarnya.

Melihat kondisi pasar di Jawa Tengah saat ini, ia mengatakan bahwa rata-rata pasar sudah dalam keadaan baik. Terlebih dengan adanya upaya perubahan image pasar dari yang sebelumnya kotor dan becek menjadi lebih tertata.

“Tujuannya memang untuk menarik minat masyarakat kembali ke pasar tradisional. Pada akhirnya untuk peningkatan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Selain fisik, imbuhnya, pembangunan pasar juga dilakukan pada sisi manajemennya. Termasuk menata paguyuban yang ada di pasar. Dengan demikian, ia berharap pengembangan pasar bisa lebih baik untuk ke depannya.

“Di Jateng sudah banyak pasar yang enak dikunjungi, seperti Pasar Manis Purwokerto, Pasar Legi Temanggung dan beberapa pasar lainnya,” imbuhnya. (sga/zal)

Latest news

Related news