Semarang Terpilih Jadi 10 Kota Terbaik Nasional

256
CAPAIAN : Asisten Administrasi Umum Masdiana Safitri mewakili Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menerima penghargaan di Balairung Soesilo Soedarman, Kantor Kementerian Pariwisata Jakarta, Jumat malam (20/7). (Pemkot Semarang for Jawa Pos Rase)
CAPAIAN : Asisten Administrasi Umum Masdiana Safitri mewakili Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menerima penghargaan di Balairung Soesilo Soedarman, Kantor Kementerian Pariwisata Jakarta, Jumat malam (20/7). (Pemkot Semarang for Jawa Pos Rase)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Kota Semarang terpilih menjadi 10 Kota Terbaik Nasional pada Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award (Yowita) 2018. Anugerah penghargaan di bidang pariwisata tersebut diserahkan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Masdiana Safitri di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata Jakarta, Jumat malam (20/7).

Selain 10 kota terbaik nasional, pariwisata Kota Semarang terpilih menjadi kabupaten/kota terbaik di Provinsi Jawa Tengah oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Kedua kategori penghargaan tersebut berkat tangan dingin Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang memimpin Kota Semarang sejak 2016 yang terus meningkatkan performansi, inovasi serta komitmen membangun pariwisata daerah.

Di tangan Hendi sektor-sektor pariwisata semakin tumbuh dan berkembang sehingga Kota Semarang yang dulunya merupakan  kota perdagangan dan jasa kini bertransformasi menjadi kota pariwisata. Hal ini dapat dilihat dari berbagai destinasi lokasi wisata baru yang terus tumbuh di Kota Semarang. Diantaranya Pasar Semarangan Tinjomoyo yang dulu merupakan sebuah hutan disulap Hendi menjadi pasar digital yang dipadati pengunjung setiap Sabtu dan Minggu. Kemudian Kota Lama yang terus menunjukkan eksotikanya, Desa Wisata Kandri dan destinasi pariwisata yang lain.

Indikator lain ditunjukkan melalui peningkatan jumlah  wisatawan di Kota Semarang yang semula 2 juta pada tahun 2011, kemudian meningkat tajam di tahun 2017 sebesar 5,6 juta wisatawan per tahun.

“Penghargaan ini tentunya menjadi sebuah motivasi bagi seluruh masyarakat untuk bagaimana kemudian melanjutkan tren positif di dalam memajukan pariwisata di Kota Semarang,” ungkap wali kota.

Adapun, 10 Kota Terbaik Nasional pada Yowita 2018 adalah Kota Balikpapan, Kota Bandung, Kota Batam, Kota Denpasar, Kota Makassar, Kota Padang, Kota Palembang, Kota Semarang, Kota Surabaya dan Kota Jogjakarta.

Pada kesempatan itu, Arief Yahya mengungkapkan, Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018 merupakan penghargaan kepada pemerintah kota/kabupaten di Indonesia yang memiliki komitmen, inovasi, performansi, leadership dan kreasi dalam membangun pariwisata daerah. Guna mendukung pencapaian target kunjungan 275 juta wisatawan nasional dan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2019. (*/zal)