Ratusan Bonek Dipulangkan

351
DIPULANGKAN: Polres Magelang Kota memulangkan Bonek dan berjaga di setiap titik perlintasan kedatangan supporter, baik PSIS Semarang, PSIM Yogyakarta, dan juga Persebaya Sabtu (21/7) hingga Minggu (22/7) kemarin. (Humas Polres Magelang Kota for JP Radar Kedu)
DIPULANGKAN: Polres Magelang Kota memulangkan Bonek dan berjaga di setiap titik perlintasan kedatangan supporter, baik PSIS Semarang, PSIM Yogyakarta, dan juga Persebaya Sabtu (21/7) hingga Minggu (22/7) kemarin. (Humas Polres Magelang Kota for JP Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Laga pertandingan Liga 1 Indonesia antara PSIS Semarang vs Persebaya, Minggu (22/7) sore di Stadion Moch Soebroto Kota Magelang benar-benar dijaga ketat oleh Kepolisian Resor Magelang Kota. Bahkan kepolisian telah memulangkan ratusan supporter Persebaya atau Bonek sejak Sabtu (21/7) lalu hingga hari pertandingan berlangsung.

Meski dilarang dan bahkan telah dilakukan penyekatan, ratusan Bonek tetap nekat hadir di Stadion Moch Soebroto. Ratusan suporter bonek bahkan berhasil masuk di area stadion dengan menduduki tribun barat B.

Langkah tersebut sesuai perintah Kapolda Jawa Tengah bahwa sesuai ketentuan Persebaya bermain tanpa penonton. ”Sudah jelas perintah dari kapolda kalau supporter Persebaya dilarang datang sebagai tim tamu,” kata Kapolres Magelang Kota AKBP Kristanto Yoga Darmawan, Minggu (22/7).

Kristanto mengatakan, para suporter yang dipulangkan, saat berada di Jalan A Yani atau sekitar 2 kilometer dari Stadion Moch Soebroto. Razia yang sama pun, menurut Kristanto, berlaku juga bagi para supporter PSIS Semarang yang tidak membawa identitas, mereka terpaksa dipulangkan.

Kristanto menjelaskan, melalui arahan Kapolda Jateng secara resmi dalam surat Nomor : B/7333/VII/YAN.2.1/2018/Jtg tertanggal 12 Juli 2018, memberikan izin keamanan laga sepak bola tersebut, dengan syarat supporter Persebaya tidak hadir di Stadion Moch Soebroto.

”Memang yang sudah masuk ke Kota Magelang langsung kita pulangkan diangkut menggunakan mobil polisi. Mereka diangkut menuju ke polres berikutnya, dan secara estafet dipulangkan sampai daerahnya,” tegas Kristanto.

Hingga Minggu (22/7) pagi, pihaknya total telah memulangkan sebanyak 362 orang supporter Persebaya. Jumlah tersebut, menurut Kristanto, bisa bertambah karena masih dilakukan penyekatan di beberapa titik.

Untuk mengamankan jalannya pertandingan hingga selesai, setidaknya kekuatan sebanyak 685 personel dari berbagai unsur dikerahkan. Jumlah tersebut, menurut Kristanto, terdiri dari 316 personel Polres Magelang Kota yang dibantu Brimob Polda Jateng 102 orang. Kemudian, petugas Dalmas Sat Sabhara Polres Kebumen, Polres Purworejo, dan Polres Temanggung masing-masing sebanyak 30 personel, serta 60 orang dari Dalmas Polda Jateng.

Sementara, Kabag Ops Polres Magelang Kota Kompol Sri Hatmo menjelaskan, penempatan pengamanan terdiri dari tiga ring antara lain ring 1 terdiri dari lapangan sepak bola, tribun timur dan barat, tribun, ruang wasit & ruang ganti. Kemudian ring II yaitu tempat parkir, halaman tribun, jalan ke arah asrama, jalan ke arah stadion barat, GOR Samapta beserta bundaran. Dan terakhir ring III yaitu rute lintasan suporter dan penonton.

“Pola pengamanan dilakukan hingga seluruh supporter meninggalkan Kota Magelang,” tandas Sri Hatmo. (had/lis)