Menumbuhkan Jiwa Enterpreneurship Siswa lewat Koperasi Sekolah

spot_img

RADARSEMARANG.COM РDI lingkungan sekolah, koperasi memegang peranan penting dalam upaya terwujudnya kemandirian bagi warga sekolah umumnya dan siswa khususnya. Keberadaan koperasi sekolah dibutuhkan untuk melatih, mendidik, dan mempertajam kemampuan kewirausahaan siswa.  Namun secara umum kegiatan koperasi sekolah dikelola oleh petugas koperasi yang tidak melibatkan siswa. Padahal koperasi sekolah merupakan koperasi yang berada dalam lingkungan sekolah yang anggotanya adalah siswa dari sekolah tersebut yang dapat melakukan kegiatan ekonomi tanpa badan hukum.

Namun kondisi koperasi sekolah pada umumnya kurang menggembirakan. Pengelolaannya rata-rata masih belum secara professional. Karena itu, peran guru ekonomi sangat diperlukan untuk menjadi penggerak, pembimbing tumbuh kembangnya pembelajaran koperasi bagi para peserta didik dan warga sekolah pada umumnya.

Pada dasarnya banyak manfaat yang diperoleh siswa dengan berpartisipasi dalam kegiatan koperasi sekolah. Manfaat itu dapat berupa keterampilan-keterampilan dalam wirausaha maupun manfaat dalam proses pengembangan kepribadian siswa seperti mencatat, membukukan, melayani pelanggan, menerima barang, mengelola barang serta berbagai aktivitas transaksi lainnya.

Baca juga:   Tingkatkan Hasil Belajar Koordinat Kartesius dengan Geogebra

Koperasi sekolah juga memiliki peranan yang penting dalam pengoptimalkan potensi-potensi yang dimiliki oleh siswa, antara lain wadah pengembangan potensi wirausaha siswa, sebagai laboratorium praktik siswa dalam pengimplementasi teori pembelajaran yang disampaikan dalam proses kegiatan belajar-mengajar, serta sebagai tempat untuk pengembangan kepribadian siswa.

Dengan memajukan koperasi sekolah akan mendidik siswa untuk menjadi generasi yang percaya bahwa koperasi merupakan saran untuk memenuhi kebutuhan ekonominya secara bersama-sama untuk mencapai kesejahteraan bersama. Koperasi sekolah  juga mempunyai nilai dan potensi strategis untuk meminimalisasi masalah pengangguran karena skill yang tidak memadai dalam kewirausahaan atau entrepreneur. Lewat koperasi sekolah dapat meningkatkan kualitas SDM karena koperasi sekolah  sebagai sarana pembelajaran berkoperasi dan mengasah potensi kewirausahaan, sehingga tersedianya wahana proses pembelajaran memiliki alternatif menjadi mandiri.

Melalui pengalaman yang diperoleh siswa dengan terlibat langsung dalam pengelolaan koperasi, bisa saja kelak para siswa yang telah lulus dapat mendirikan koperasi yang lebih baik lagi dengan pengelolaan yang lebih profesional dan berbadan hukum. (kpig1/aro)

Baca juga:   Jigsaw Puzzle Jitu Mempercepat Hafalan Surat Pendek

Guru IPS MTs Ahmad Yani Wonotunggal

Author

Populer

Lainnya