288 Siswa Dibekali Wawasan Kebangsaan

  • Bagikan
PEMBEKALAN: Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Kav Henry RJ Napitupulu, menyampaikan materi wawasan kebangsaan kepada ratusan siswa siswi SMAN 2 Batang. (LUTFI HANAFI /JAWA POS RADAR SEMARANG)
PEMBEKALAN: Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Kav Henry RJ Napitupulu, menyampaikan materi wawasan kebangsaan kepada ratusan siswa siswi SMAN 2 Batang. (LUTFI HANAFI /JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Sebanyak 288 siswa siswi didik baru SMAN 2 Batang dibekali ketrampilan dan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan (wasbang) oleh Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Kav Henry RJ Napitupulu. Kegiatan tersebut dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun 2018, pada Rabu (18/7).

Henry mengatakan, siswa-siswi di Batang yang merupakan  generasi muda harus memahami dan belajar dengan serius khususnya masalah wawasan kebangsaan agar menjadi pemuda serta pemudi yang tangguh dalam mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Siswa dan siswi SMAN 2 Batang mampu dan bisa menjadi yang diharapkan serta membanggakan bagi orang tua, guru, pembina dan seluruh lapisan masyarakat di masa mendatang dengan tekun belajar dan mencari ilmu untuk bekal di masa mendatang,” ucapnya.

Menurut dia, wawasan kebangsaan harus ditanamkan sejak dini, mulai sekolah dasar dan terus berlanjut hingga ke perguruan tinggi, agar siswa siswi tersebut nantinya menjadi pemuda-pemuda yang tangguh serta cinta terhadap NKRI.

“Kalian para siswa siswi yang nantinya akan menggantikan kami. Oleh karena itu saatnya kalian harus membulatkan tekad untuk merencanakan cita-cita menjadi orang yang berhasil,” ujar Dandim kepada ratusan siswa.

Untuk mewujudkan cita-cita, Dandim menjelaskan para siswa harus semangat belajar dan pantang menyerah. “Jadilah generasi yang tangguh dan timbalah ilmu setinggi-tingginya agar menjadi orang yang berhasil,” imbuhnya.

Sementara itu Danramil 10 Batang, Kapten Inf Abdul Mutholib yang juga memberikan materi, mengatakan para siswa harus menyiapkan diri untuk menjadi generasi-generasi hebat.”Sebagai generasi muda harus bangga dengan diri kita sendiri dan jangan membanggakan orang lain, untuk itu wawasan kebangsaan sangat penting untuk membentuk karakter para adik-adik agar siap dalam menghadapi arus globalisasi, dan menangkal paham radikalisme,” katanya.

Ia menerangkan, wawasan kebangsaan penting dipahami karena kondisi Indonesia saat ini sudah berubah dengan adanya perkembangan tekhnologi. Dan perkembangan ekonomi sudah dipengaruhi perkembangan budaya. (han/bas)

  • Bagikan