Hari Ini, 16 Parpol Baru Setor Bakal Caleg

196
MASIH SEPI : Hingga Senin (16/7) pukul 16.00, masih belum ada calon legeslatif (Caleg) yang mendaftarkan diri di KPU Jateng. Namun pendaftaran masih dibuka hingga Selasa (17/7) pukul 23.59. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
MASIH SEPI : Hingga Senin (16/7) pukul 16.00, masih belum ada calon legeslatif (Caleg) yang mendaftarkan diri di KPU Jateng. Namun pendaftaran masih dibuka hingga Selasa (17/7) pukul 23.59. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Dipastikan hari ini, Selasa (17/7), 16 partai politik (Parpol) akan menyetorkan bakal calegnya ke KPU Jateng. Sebab, berdasarkan pantauan koran ini, hingga pukul 16.00, Senin (16/7) kemarin, belum ada satupun parpol yang mendaftarkan bakal calegnya. Ada satu partai yang datang kemarin, yakni Nasdem. Hanya saja, urung mendaftarkan bakal calegnya karena persyaratan belum lengkap.

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo menengarai, ada banyak faktor yang membuat parpol belum menyetorkan bakal calegnya hingga H-1 batas akhir pendaftaran. Faktor tersebut di antaranya terkait kelengkapan syarat bakal calon yang harus dikumpulkan secara individu. Faktor lainnya, ada beberapa persyaratan yang memang harus didapatkan dengan cara antre. Seperti surat kesehatan (jasmani, rohani, dan narkoba), SKCK, serta legalisir untuk jarak yang jauh.

”Sesuai kuota maksimal alokasi kursi masing-masing daerah pemilihan (Dapil), 16 partai se-Jateng untuk DPRD Provinsi maupun Kabupaten/Kota jumlahnya ada 26 ribu orang. Sementara kalau ke rumah sakit, memang tidak bisa mengkhususkan. Semuanya harus antre,” jelasnya.

Joko meminta agar parpol tidak mengambil jam-jam terakhir untuk mendaftarkan bakal calegnya. Ia menyarankan parpol datang di siang hari. Sehingga masih memiliki waktu, jika memang diperlukan perbaikan.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan tim sebanyak mungkin untuk melayani parpol yang akan datang hari ini. Hal ini, jelasnya, sebagai bentuk antisipasi kalau saja parpol datang secara bersamaan.

”Kami sudah berkomunikasi, baik formal maupun informal untuk saling mengontrol dokumen yang dibawa. Biar tidak ada yang bermasalah. Jadi kalau kita hitung rata-rata satu partai butuh waktu maksimal 15 menit,” jelas Joko saat ditemui di kantornya sore kemarin.

Sementara itu, dalam pengajuan daftar bakal calon, partai politik harus melengkapi dua dokumen. Pertama, dokumen persyaratan pencalonan oleh partai, berupa SK kepengurusan, daftar calon sementara yang diajukan, keterwakilan 30 persen perempuan per dapil, pakta integritas, dan mekanisme atau aturan terkait mekanisme rekrutmen bakal calon. Sementara itu, dokumen kedua yakni syarat masing-masing calon secara individu.

”Nanti kami cek, misal surat keterangan pengadilan belum lengkap, akan minta yang bersangkutan membuat pernyataan bahwa dirinya akan memperbaiki. Masih ada masa perbaikan,” ujarnya. Namun, ditambahkan olehnya, untuk bakal calon masing-masing dapil harus sudah pasti, nomor urutnya sesuai kuota kursi.

Hari ini partai politik memiliki waktu untuk menyetorkan nama bakal calon legislatif hingga pukul 00.00. Mengenai data yang harus diisikan lewat Sistem InformasiPencalonan (Silon), Joko mengatakan, semua partai politik sudah rampung malam kemarin. (sga/ida)