32 C
Semarang
Selasa, 22 Juni 2021

Laskar Tidar SMAN 2 Magelang Wakili Jateng

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Tim kesenian Laskar Tidar SMAN 2 Magelang akan mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam festival dan lomba seni antarpelajar tingkat nasional 17-20 Juli 2018 di Jogjakarta. Tim SMAN 2 Magelang ditunjuk karena mampu menyajikan pertunjukkan seni yang memikat.

Kepala SMAN 2 Magelang, Agung Mahmudi, Senin (16/7) kemarin menuturkan, pihaknya merasa bangga karena ditunjuk untuk mewakili Jawa Tengah dalam ajag tersebut.

“Selama ini, tim kami tampil selalu berciri khusus yaitu tarian Laskar Tidar, yang menggambarkan perjuangan Pangeran Diponegoro beserta pasukannya dalam melawan penjajah Belanda. Tarian ini juga mencirikan kekhasan Kota Magelang,” jelas Agung.

Tim yang berjumlah sekitar 30 itu kini rutin berlatih sehari dua kali di halaman depan SMAN 2 Magelang sejak libur sekolah lalu. Latihan yang dimatangkan, menurut Agung, adalah memantapkan kesesuaian harmoni dan gerak para penari dan suara musik.

Agung menyebutkan, tim kesenian Laskar Tidar banyak menorehkan prestasi. Antara lain juara 1 Lomba Topeng Ireng Kota Magelang tahun 2016, juara 1 Kirab Budaya tingkat Kota Magelang tahun 2017, juara favorit Lomba Seni dalam rangka HUT Jateng tahun 2017, dan juara 2  Kirab  Budaya tingkat Kota Magelang tahun 2018.

Sementara, salah satu siswa, Galih Himawan, mengaku siap dan optimistis bisa meraih hasil maksimal dalam lomba tersebut. “Semoga kami bisa membanggakan sekolah dan Jawa Tengah. Kami sudah berlatih keras sebelum keberangkatan. Libur sekolah kami manfaatkan untuk berlatih dan terus berlatih,” beber Galih. (had/lis)

Latest news

Related news