Beranda Berita Semarang Museum Ronggowarsito Gratiskan Pengunjung

Museum Ronggowarsito Gratiskan Pengunjung

Others

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Fosil binatang purba di Museum Ronggowarsito, Kota Semarang, cukup menarik perhatian pengunjung. Belalai gajah yang menjulur keluar dinding, berusaha dipegang. Apalagi anak-anak, merasa penasaran dan takjub.

“Anak-anak perlu dikenalkan sejak dini tentang museum. Kalau hanya dari pelajaran, anak-anak belum ada gambaran,” kata Riyanti, 35, yang membawa anggota keluarganya untuk mengenalkan tentang sejarah sambil bermain di Museum Ronggowarsito, Kota Semarang, Kamis (5/7) kemarin.

Ada pula kaum muda yang berkunjung ke museum tersebut. Adalah Dery Susilo, 23, pemuda asli Semarang yang penasaran dengan perubahan museum dari brosur yang disebar melalui di aplikasi WhatsApp. “Mumpung gratis, saya pengen melihat-lihat. Ada perubahan atau tidak? Soalnya terakhir kesini, sekitar tiga bulan lalu,” jelasnya.

Salah satu pengunjung lainnya, Zulaikhah mengaku senang digratiskan masuk Museum Ronggowarsito. Ia datang bersama rombongan sekolah Al Azhar. “Kami sebelumnya tidak tahu kalau gratis. Tapi masuk museum, sebenarnya tidak mahal juga,” katanya.

Sedangkan Koordinator Pelaksana HUT Museum Ronggowarsito, Ria Rohmah mengatakan bahwa dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-29, Museum Ronggowarsito memberikan pelayanan spesial kepada pengunjung dengan membebaskan biaya masuk museum, Kamis (5/7). Wajar saja, ratusan pengunjung memadati museum yang terletak di Jalan Abdul Rahman Saleh, Kalibanteng, Semarang itu. “Ini strategi juga, untuk mengenalkan dan mendekatkan museum dengan masyarakat juga sebaliknya,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (5/7).

Ria mengatakan, pelaksanaan kegiatan gratis masuk museum ini diawali dengan pemotongan tumpeng dan pemberian doorprize bagi pengunjung pertama museum tersebut. “Kami menyediakan doorprize bagi pengunjung yang ulang tahun di hari yang sama, juga pengunjung yang lahirnya di bulan Juni,” kata dia.

Keistimewaan bagi para pengunjung yang hadir pada hari ulang tahun museum ini, mereka dapat menikmati pemutaran film tiga dimensi di bioskop milik museum yang sebelumnya vakum selama 2 tahun. “Tadi mutar film 5-6 kali. Pengunjung juga banyak yang baru tahu. Namun, akhirnya nanti antusiasnya meningkat dan ini akan getok tular,” terang dia.

Ria mengatakan, pengunjung museum pada hari biasa berkisar antara 25 sampai 100 orang. Namun, pada hari ulang tahun ke-29 ini, pihaknya mencatat sedikitnya 648 pengunjung yang hadir. “Naiknya drastis. Ini juga ada yang pengunjung datang pagi. Tahu kalau masuknya gratis, langsung ngasih tahu ke keluarganya. Sore dia balik lagi sama keluarganya,” tandas Ria. (tsa/mg7/mg9/mg10/mg11/ida)

Stay Connected

12,288FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Semut Raksasa

Related News