32 C
Semarang
Jumat, 18 Juni 2021

E-Gamelan Udinus Sukses Pukau Unesco

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Tim E-gamelan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) sukses tampil memukau ketika tampil didepan perwakilan Unesco di Paris Prancis. E-gamelan dimainkan mengiringi tari Bedoyo dan Jurit Nusantoro dan menjadi perwakilan Indonesia berserta 6 negara lainnya yang diundang.

Rektor Udinus, Prof Edi Noersasongko, menerangkan jika tampil didepan Unesco, tim E-gamelan mengusung tema Gamelan Goes to the World. Everybody can play, yang artinya bahwa Udinus memelihara warisan budaya dan mempromosi gamelan sebagai warisan budaya. “Ini menjadi kebanggaan luar biasa bagi kami karena totalitas tampil mampu membawa Indonesia semakin dikenal dunia melalui gamelan Udinus,” katanya.

Gamelan sendiri merupakan sebuah warisan budaya asli Indonesia, pada momen tersebut dirinya mencoba mengenalkan gamelan dimata dunia pada bidang seni dan budaya. Sebelum dibuat menjadi E-gamekan, Udinus punya pemikiran jika gamelan adalah musik asli Indonesia yang perlu dilestarikan.

“Sayangnya generasi muda tidak kenal, apalagi satu setnya mahal dan ribet jika mau belajar, sehingga ada pemikiran untuk digitalkan agar semua segmen masyarakat bisa belajar,” jelasnya.

Kahumas Udinus Agus Triyono menyampaikan, bahwa momentum  ini menjadi  sangat penting untuk memicu semangat kami dapat berkarya lebih baik lagi,apalagi telah dipercaya mewakili negara. “Kami berupaya berkontribusi terbaik dengan memberi sumbangsih melalui gamelan untuk kejayaan negeri ini,” katanya. (den/aro)

Latest news

Related news