Beranda Jateng Kajen Pelayanan Disdukcapil Semrawut

Pelayanan Disdukcapil Semrawut

Others

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pekalongan, dikeluhkan warga yang mengurus surat kependudukan, Senin (25/6). Pasalnya, Disdukcapil yang saat ini menempati Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) di Desa Rowolaku, Kecamatan Kajen, tidak mempunyai ruang tunggu.

Akibatnya ratusan warga berdiri di depan meja petugas Disdukcapil Kabupaten Pekalongan, parahnya lagi petugas tidak memperlakukan sistem antrean sesuai nomor urut. Sehingga sering terjadi rebutan pelayanan antara masyarakat dan petugas. Sebagian besar mengurus administrasi berupa pencetakan E-KTP, akta maupun Kartu Keluarga.

Darmaji,43, warga Kecamatan Kesesi, rencananya ingin mengurus E-KTP nya yang hilang, karena banyak warga yang antre tanpa tempat duduk, ia pun ‘balik kanan’.

Pihaknya berharap petugas menyediakan fasilitas ruang tunggu yang layak. “Saya tidak kuat berdiri lama, dulu masih di gedung lama ada ruang tunggunya,” ungkapnya.

Darmaji juga mengatakan Kantor Disdukcapi harusnya melakukan pelayanan sesuai dengan warga yang datang lebih awal. Sehingga pelayanan bisa dilakukan secara tertib. Tidak melakukan pelayanan secara acak.

“Terkadang yang membuat tidak tertib, petugas dari lebih mendahulukan titipan dari desa, padahal mereka datang terakhir. Harusnya dilayani berdasarkan antrean, dan yang belum dipanggil jangan datang ke meja petugas,” kata Darmaji.

Sementara itu, Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Pekalongan, Bambang Supriyadi menjelaskan bahwa bangunan lama Disdukcapil sedang direnovasi. Untuk pelayanan dan aktivitas sementara menggunakan sebagian gedung BLK.

Pemkab telah mengaggarkan dana sebesar Rp 4,8 miliar untuk pembangunan gedung baru Disdukcapil seluas 534 meter persegi di atas tanah 1.000 meter.

“Setelah pembangunan gedung baru selesai, dipastikan pelayanan akan lebih nyaman, karena dilengkapi beberapa fasilitas seperti ruang bermain untuk anak, ruang khusus ibu menyusi, dan beberapa ruang hiburan untuk warga yang menunggu pelayanan,” jelas Bambang. (thd/zal)

Stay Connected

12,295FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Tesla Halmahera

Related News