Koramil Wonosalam Bangun Jamban untuk Warga Miskin

  • Bagikan
JAMBAN SEHAT: Personel TNI dari Koramil 03 Wonosalam membantu membangun jamban untuk warga miskin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
JAMBAN SEHAT: Personel TNI dari Koramil 03 Wonosalam membantu membangun jamban untuk warga miskin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Gerakan pembuatan jamban gratis bagi masyarakat miskin terus dilakukan Kodim 0716 Demak. Kemarin (25/6) misalnya, pembangunan jamban dilaksanakan personel TNI dari Koramil 03 Wonosalam. Ini dilakukan dalam rangka mewujudkan lingkungan sehat dimasyarakat.

Danramil Wonosalam, Kapten CZI Alimudin mengatakan, gerakan sejuta jamban menjadi prioritas untuk dilaksanakan sesuai amanat Mabes TNI AD. “Sasarannya adalah warga yang masih dalam kategori pra sejahtera, termasuk yang ada diwilayah Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak ini,” katanya.

Dia menambahkan, program seperti ini juga digalakkan TNI dipulau terluar Indonesia, seperti di kepulauan Natuna. Menurutnya, di Wonosalam, gerakan jamban gratis ini juga untuk menjalin keakraban dengan masyarakat. “Ini sebagai bentuk kepedulian TNI dalam membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan dibidang kesehatan. Kalau ada jamban, tentu warga kurang mampu dapat menjaga lingkungannya dengan baik,” ujar Alimudin.

Dia mengatakan, sinergitas program yang dijalankan TNI senantiasa terkait langsung dengan program pemerintah.  Untuk mensukseskan gerakan jamban gratis ini, TNI dibantu masyarakat dengan gotong royong. “Kita berharap, di Kecamatan Wonosalam tidak ada lagi warga yang buang hajat atau BAB sembarangan,” kata dia. (hib/sct/bas)

  • Bagikan