Beranda Berita Semarang Bupati Kebumen Yahya Fuad Segera Diadili

Bupati Kebumen Yahya Fuad Segera Diadili

Others

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melimpahkan berkas kasus dugaan korupsi terkait suap sejumlah proyek di daerah Kebumen, yang menjerat Bupati Nonaktif Kebumen, M. Yahya Fuad dan pengusaha sekaligus tim suksesnya Hojin Anshori ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang.

“Ada dua orang tersangka yang berkasnya dilimpahkan. Yang pertama MYF (M Yahya Fuad, Bupati Kebumen) dan kemudian HA (Hojin Anshori, swasta). Penahanan keduanya akan dipindahkan, agar perkaranya segera disidangkan,” kata PU KPK, Joko Hermawan.

Joko menyebutkan, Yahya sebagai penerima suap yang akan dijerat secara alternatif dengan pasal 12a atau 11 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 yang telah diubah dan ditambahkan dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Sedangkan, Hojin Anshori yang berperan sebagai perantara dalam tindak pidana suap. Dimana dalam perkara ini, Bupati Kebumen diduga menerima suap dari seorang pengusaha, yang bernama Khayub Muhammad Lutfi. Khayub sendiri merupakan calon Bupati Kebumen rival Yahya Fuad saat Pilkada. Selain itu, Khayub juga diadili secara terpisah dalam perkara ini.

Terpisagh, Panitera Muda Pidana Pengadilan Tipikor Semarang, Heru Sungkowo juga membenarkan bahwa berkas perkara Bupati Kebumen telah dilimpahkan. “Kami sudah menerima berkasnya, selanjutnya, akan ditentukan jadwal sidang dan majelis majelis hakim yang akan menyidangkan perkara tersebut,” ujarnya.

Perlu diketahui, KPK telah menggali informasi sekitar 34 orang saksi untuk kedua tersangka ini, terdiri dari unsur Sekretaris Daerah, PNS, anggota DPRD Kabupaten Kebumen, staf khusus bupati, dosen, dan pihak swasta.Yahya dijerat KPK bersama-sama dengan rekannya, Hojin Anshori, yang merupakan anggota tim suksesnya pada 2016. Keduanya diduga menerima fee dengan nilai total Rp 2,3 miliar dari pengusaha Khayub Muhamad Lutfi (Komisaris PT Karya Adi Kencana/KAK). (jks/zal)

Stay Connected

12,286FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Semut Raksasa

Related News