32 C
Semarang
Selasa, 22 Juni 2021

Jaga Kondusivitas Pilgub

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi berharap Pilgub Jateng yang akan dilaksanakan pada 27 Juni mendatang, tetap dalam kondisi sejuk dan baik. Seluruh elemen masyarakat juga ikut menjaga kondusivitas dan kebersamaan di Jateng. “Jangan sampai ada gaduh dan ayo bersama menjaga kondusivitas di Jateng, agar tetap adem dan sejuk,” kata Rukma.

Selain itu, Pilgub dengan becik tur nyenengke sebagaimana taglane Pilgub Jateng bisa terlaksana. “Semoga itu betul-betul terjadi di Jateng. Kita bukan hanya memilih pemimpin yang terbaik, tapi tujuan utama adalah mewujudkan Jateng yang lebih baik, lebih maju, dan lebih sejahtera bagi rakyatnya,” ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menyebutkan pendidikan politik bagi masyarakat sangatlah penting. Sampai saat ini Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Jateng sebesar 27.348.878 jiwa. Dengan data sebanyak itu diharapkan tingkat partisipasi Pemilihan Gubernur bisa lebih baik. “Untuk itu, sosialisasi dan pendidikan di tingkat politik harus diajarkan sejak dini. Sisa waktu harus dimanfaatkan agar partisipasi pemilih bisa meningkat,” tambahnya.

KPU merupakan salah satu lembaga yang harus bertanggung jawab apabila tingkat kepesertaan pemilu tidak sesuai dengan target Pemilu sebesar 77,5 persen dari pemilih yang telah ditetapkan. Di sisi lain pemilih pemula di Jateng, laki-laki 743.192 jiwa dan perempuan 708.076 jiwa. Total jumlah pemilih pemula di Jateng 1.451.268 jiwa. Ini sepenuhnya tanggung jawab bersama selaku penyelenggara pesta demokrasi khususnya di Jawa Tengah.

“Tidak hanya dari partai politik saja, peran pemerintah juga sangat penting untuk meningkatkan minat partisipasi masyarakat pemula menjadi lebih aktif berdemokrasi,” tegasnya.

Anggota Komisi A DPRD Jateng, Amir Darmanto meminta semua elemen masyarakat, termasuk pasangan calon dan calon kepala daerah untuk menjaga kondusivitas dan netralitas Pilgub Jateng. Jangan ada penyebaran hoax dan isu sentimen SARA yang bisa menjadi salah satu pemicu konflik. “Pelaksanaan Pilgub harus lebih mengedepankan kontestasi program,” ujarnya.

Ia mengharapkan Pilgub dan Pilkada serentak di Jateng mampu menghadirkan kebermanfaatan kepada rakyat banyak. Pilkada dan hasil-hasil politiknya nanti harus bisa memberikan jaminan kesinambungan program pembangunan ekonomi politik kebangsaan. (fth/ida)

Latest news

Related news