31 C
Semarang
Sabtu, 15 Mei 2021

Peran Wali Kelas dalam Membentuk Karakter Siswa

RADARSEMARANG.COM – Wali kelas berarti guru yang diserahi tugas membina murid dalam satu kelas. Perannya begitu penting di sekolah karena merupakan jembatan antara pihak sekolah dengan orang tua/wali murid. Tujuan orang tua dan wali kelas tentunya sama yaitu untuk mendidik anak-anaknya menjadi anak yang baik dan berhasil. Jika terjadi sesuatu hal, wali kelas merupakan tumpuan yang pertama untuk membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi anak didiknya ketika berada di sekolah.

Wali kelas adalah orang tua kedua setelah orang tua aslinya di rumah, sehingga wali kelas seyogyanya paham dengan siswa-siswa yang menjadi perwaliannya sampai ke karakter-karakternya. Hal ini bisa didapat dari biodata siswa, pendekatan-pendekatan ke siswa ataupun penggalian informasi tentang individu siswa perwaliannya. Dari hal sederhana sampai hal yang cukup penting di sekolah peran wali kelas sangat besar.

Namun demikian wali kelas tetap harus menghormati ranah-ranah privasi anak didiknya yang tentu ada batas-batasnya. Wali kelas harus mampu memahami karakteristik masing-masing siswa dan selanjutnya digunakan untuk melakukan bimbingan serta pembinaan karakter siswa.

Secara formil tata tertib telah disampaikan oleh pihak sekolah. Namun wali kelas dapat menyampaikan kembali di kelas dengan suasana yang nyaman dan bahasa yang lebih sederhana. Terkadang, menurut siswa terdapat kebijakan sekolah yang dianggap kurang cocok, sebagai wali kelas mencoba untuk mendengarkan aspirasi dan menyaringnya. Mungkin yang disampaikan siswa ada sisi benarnya, sehingga dapat menjadikan kritik yang membangun.

Jika terdapat aspirasi siswa yang perlu didengarkan, mungkin perlu wali kelas dapat menyampaikan ke pihak sekolah lewat jalur yang semestinya. Misal lewat jalur Kesiswaaan atau Bimbingan Konseling (BK), sebagai masukan dari bawah ke atas, melalui koridor dan teknik penyampaian yang benar.

Peran wali kelas dalam penyusunan struktur organisasi kelas yang kondusif. Program-program kelas disusun oleh siswa sendiri sehingga merupakan kesepakatan bersama dari hasil musyawarah kelas. Wali kelas cukup memeriksa dan memberikan masukan. Pemberian motivasi dan perhatian sangatlah penting oleh wali kelas.

Sekali lagi, wali kelas adalah orang tua di sekolah yang mempunyai peran sangat besar dalam membentuk karakter siswa-siswanya. Dari awal tahun sampai akhir masa jabatan, tugas wali kelas merupakan sebuah tanggung jawab yang besar terhadap anak perwaliannya. Motivasi yang sangat dibutuhkan dan memberikan andil yang cukup besar untuk kesuksesan siswa-siswanya.

Di akhir tahun pembelajaran, tugas administrasi wali kelas cukup besar. Di antaranya dalam penyusunan raport dan penyampaian hasil studi siswa kepada orang tua murid/wali murid. Tugas ini menjadi sebuah media komunikasi dan konsultasi bagi wali murid kepada wali kelasnya dengan objek siswa perwaliannya. Kerjasama yang baik antara pihak sekolah diwakili oleh wali kelas dan pihak orang tua dalam mendidik putra-putri di sekolah memiliki peran yang sangat kuat untuk keberhasilan siswa-siswanya.

Menjadi wali kelas yang dicintai secara ikhlas oleh siswa-siswanya merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi guru yang mendapatkan amanat sebagai wali kelas. Hal itu tidak serta merta, namun merupakan hasil perjuangan dan kasih sayang yang diberikan secara tulus sebagai orang tua di sekolah terhadap siswa didiknya dalam rangka menjalani kehidupan pendidikan di sekolah. (*)

Guru SMK 1 Salam Kabupaten Magelang

Latest news

Related news