Sehari, 24 Ribu Pemudik Naik KA

Must Read

Virus Bersih

Semua operator cruise tahu: musuh utama bisnis mereka adalah virus atau bakteri. Karena itu aturan kebersihan di sebuah perjalanan cruise luar biasa ketatnya. Bagi yang...

Kenalkan A31 di Indonesia, Bawa Keunggulan Macro Lens Triple Camera dan Layar Waterdrop 6.5 Inci

RADARSEMARANG.COM, JAKARTA – Kemarin (13/2), OPPO akan mulai menjual perangkat barunya, A31. Perangkat terbaru pada lini seri A ini...

Mengejar SARS

Yang sembuh dan yang meninggal terus bertambah. Berkejaran. Orang pun mulai membanding-bandingkan: mengerikan mana. Virus Wuhan sekarang ini atau...

ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG
ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Arus mudik Lebaran 2018 dengan moda transportasi kereta api (KA) mulai terasa. Jumat (8/6) siang, jumlah pemudik yang tiba di Stasiun Tawang Semarang mulai membeludak dan didominasi penumpang dari Jakarta dan Bandung.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, mengatakan, jika khusus Jumat (8/6) kemarin, total pemudik mencapai 24 ribu orang yang menggunakan angkutan KA. Pihaknya terus melakukan persiapan menghadapi lonjakan pemudik jelang hari H Lebaran. Edi beserta rombongan melaksanakan peninjauan kondisi angkutan penumpang dari Stasiun Cirebon hingga Stasiun Semarang Tawang dengan menggunakan KA Inspeksi.

“Hari ini (kemarin) sudah mulai terasa dan akan terus naik. Saat ini penumpang dari Stasiun Gambir biasanya 7 ribu – 8 ribu penumpang, sekarang sudah mencapai 19 ribu penumpang. Sedangkan di Pasar Senen biasanya 12 ribu penumpang, sekarang sudah mencapai 24 ribu penumpang. Jadi, arus mudik hari ini lumayan tinggi,” katanya saat ditemui di Stasiun Tawang.

Guna mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya telah melakukan serangkaian langkah. Dia juga mengatakan seluruh jajaran PT KAI membuka posko mudik Lebaran sejak 5-26 Juni 2108. “Semua Daop ikut posko selama 22 hari, untuk memastikan perjalanannya aman,” jelasnya.

Peningkatan pemudik yang menggunakan KA tahun ini, lanjut Edi, bisa dibilang kecil. Diperkirakan hanya sebesar 3 sampai 3,5 persen. Hal itu dikarenkan adanya pengaruh dari jumlah kursi yang disediakan oleh PT KAI.

“PT KAI sudah melakukan peningkatan keamanan di seluruh stasiun. Salah satunya dengan melibatkan anjing pelacak dalam mencegah terjadinya ancaman teror,” katanya.

Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto, menyampaikan, hari ini tepat H-7 Lebaran merupakan awal dari mulai ramainya arus mudik dari arah barat ke timur. “Bahkan, sejumlah perjalanan kereta api dari Jakarta dan Bandung menuju ke Semarang, okupansi sudah 100 persen,” ujarnya.

Sementara itu, para pemudik dari Jakarta tiba di Stasiun Poncol dengan menggunakan kereta api Tawang Jaya Premium dari stasiun asal Pasar Senen Jakarta.

Kepala Stasiun Poncol, Yudi Prasetyo, mengatakan, data yang masuk di wilayah Stasiun Poncol baik yang turun maupun yang naik pada 4,5, 6 dan 7 Juni mengalami peningkatan.“Kalau pada tanggal 4, 5,  dan 6 masih di kisaran 4 ribu sampai 8 ribu penumpang, tetapi untuk tanggal 7 ini sudah 5.500 penumpang naik, dan 6.500 penumpang turun,” beber Yudi Prasetyo.

Dia menambahkan, peningkatan jumlah penumpang diprediksi akan terjadi menjelang H-3 Lebaran, baik untuk penumpang yang akan naik maupun penumpang yang turun di Stasiun Semarang Poncol.

“Puncak arus mudik diperkirakan akan mencapai puncaknya pada H-2 dan 3, baik yang naik atau turun di Stasiun Poncol,” tambahnya.

Sementara itu, dibanding tahun lalu, diperkirakan penumpang arus mudik maupun arus balik di Stasiun Poncol mengalami peningkatan 12 -13 persen. (den/hid/aro)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Virus Bersih

Semua operator cruise tahu: musuh utama bisnis mereka adalah virus atau bakteri. Karena itu aturan kebersihan di sebuah perjalanan cruise luar biasa ketatnya. Bagi yang...

Kenalkan A31 di Indonesia, Bawa Keunggulan Macro Lens Triple Camera dan Layar Waterdrop 6.5 Inci

RADARSEMARANG.COM, JAKARTA – Kemarin (13/2), OPPO akan mulai menjual perangkat barunya, A31. Perangkat terbaru pada lini seri A ini hadir dengan keunggulan internal memori...

Mengejar SARS

Yang sembuh dan yang meninggal terus bertambah. Berkejaran. Orang pun mulai membanding-bandingkan: mengerikan mana. Virus Wuhan sekarang ini atau SARS 18 tahun lalu. SARS: yang...

Wajah Baru Warnai Ofisial Tim PSIS

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – PSIS Semarang resmi memperkenalkan ofisial tim musim depan. Terdapat beberapa nama baru yang akan bahu-membahu membantu pelatih Dragan Djukanovic mengarsiteki Mahesa Jenar...

Lomba Cepat

Berita buruknya: korban virus Wuhan bertambah terus. Sampai kemarin sudah 106 yang meninggal. Hampir semuanya di Kota Wuhan --ibu kota Provinsi Hubei.Berita baiknya: yang...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -