Bandara Unik dan Tercantik

Must Read

Virus Bersih

Semua operator cruise tahu: musuh utama bisnis mereka adalah virus atau bakteri. Karena itu aturan kebersihan di sebuah perjalanan cruise luar biasa ketatnya. Bagi yang...

Kenalkan A31 di Indonesia, Bawa Keunggulan Macro Lens Triple Camera dan Layar Waterdrop 6.5 Inci

RADARSEMARANG.COM, JAKARTA – Kemarin (13/2), OPPO akan mulai menjual perangkat barunya, A31. Perangkat terbaru pada lini seri A ini...

Mengejar SARS

Yang sembuh dan yang meninggal terus bertambah. Berkejaran. Orang pun mulai membanding-bandingkan: mengerikan mana. Virus Wuhan sekarang ini atau...

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Presiden Joko Widodo mengapresiasi terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang  yang desainnya dinilai melebihi standar. Bahkan bandara berkonsep eco-green  ini dinilai lebih cantik dibandingkan bandara lainnya.

”Fasilitasnya saya rasa akan memanjakan penumpang, apalagi bangunan fisik dan pengelolaannya menggunakan konsep eco-green. Sehingga saya berpesan kepada pengelola maupun masyarakat untuk menjaga bersama-sama bandara ini. Karena bandara ini adalah milik kita bersama untuk kepentingan bersama,” ujarnya saat peresmian terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dan Gedung Menara Pengawas Airnav Indonesia Semarang, Kamis (7/6) kemarin.

”Tak kalah penting, bandara yang dibangun di atas rawa ini harus tetap menjadi bandara yang ramah lingkungan,” tambahnya sembari meminta agar runway yang masih 2500 meter ditambah menjadi 3000 meter di tahun depan.

Jokowi meresmikan terminal baru Bandara Ahmad Yani sekitar pukul 16.48. Secara simbolis Jokowi menekan tombol sirine dan menandatangani prasasti.

Dikatakan, pembangunan terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang ini sebagai salah satu bentuk pembenahan gerbang langit di Jateng. Keberadaan bandara ini juga akan didukung dengan pembangunan lainnya, seperti jalan tol serta infrastruktur lainnya untuk memperlancar kegiatan perekonomian Indonesia.

Presiden berharap beroperasinya bandara berkapasitas 6,9 juta penumpang per tahun ini dapat meningkatkan daya saing Indonesia dari negara negara lain. Dalam artian, harus ada produktivitas yang meningkat seiring beroperasinya bandara yang namanya akan disempurnakan menjadi Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani ini.

”Selain kapasitas penumpang, pelayanan kargo juga naik. Artinya, kesempatan pengiriman kargo luar negeri menjadi terbuka lebar,” ujarnya.

Plt Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko, mengatakan, Bandara Internasional Ahmad Yani ini sudah ditunggu-tunggu masyarakat Jateng. Ia juga mengapresiasi bandara yang rampung sebelum target penyelesaian. Bersama warga Jateng, dirinya mengucapkan syukur dan terima kasih atas dibangunnya bandara di Jateng ini.

”Kami tentu bangga. Ini menunjukkan seperti kata Pak Presiden bahwa kalau kita mau, sebenarnya kita bisa. Tentu tanpa mengabaikan keamanan dan keselamatan,” kata Heru.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi melaporkan, bandara internasional Ahmad Yani merupakan bandara yang dibangun oleh anak bangsa. Sebagai karya anak bangsa, bandara ini tentu patut untuk dibanggakan. ”Bandara ini, dibangun dalam waktu cepat, koordinasi yang baik. Dengan 12 apron dan bisa menampung 6,9 juta penumpang. Berkali-kali lipat dari sebelumnya,” ujar Budi.

Bandara ini, imbuhnya, akan terus dipromosikan sebagai bandara internasional di Jateng. Sebab, Jateng merupakan daerah dengan tujuan wisata yang cukup banyak.

”Dengan dibangun di atas rawa membuat bandara ini cukup unik. Secara khusus, dilakukan upaya yang mana suasana rawa tetap dipertahankan tanpa mengganggu lingkungan, menjadikan bandara yang eco-green,” jelasnya sembari menyinggung dibangun pula gedung menara pengawas Airnav 9 lantai lengkap dengan peralatan berketinggian 45 meter.  ”Kolaborasi Airnav dan AP 1 yang baik. Semoga mampu melayani masyarakat seperti yang diamanatkan presiden,” tambahnya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi, menjelaskan kehadiran terminal baru dengan nilai investasi Rp 2,075 triliun ini merupakan wujud komitmen Angkasa Pura I kepada pengguna jasa bandara serta masyarakat Semarang dan Jateng. Pembangunan ini merupakan upaya untuk meningkatkan layanan kebandarudaraan yang aman dan nyaman.

Perngoperasionalan bandara ini, dikatakan, juga sebagai bentuk kontribusi AP I dalam merespon perkembangan perekonomian di Semarang. Keberadaan bandara ini sekaligus menjawab permasalahan lack of capacity yang telah berlangsung selama beberapa tahun terakhir di bandara inernasional Ahmad Yani. ”Karena terminal baru ini memiliki luas hampir sembilan kali lipat dari luas terminal lama, dan bisa menampung 6,9 juta penumpang per tahun,” ujar Faik.

Dijelaskan, bangunan terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani memiliki luas 58.652 meter persegi, serta apron baru yang mampu menampung 12 pesawat. Selain itu, terminal ini dilengkapi dengan 30 konter check-in, 8 eskalator, 8 elevator, 2 travelator, serta 3 buah garbarata. Tersedia pula gedung parkir yang mampu menampung 1.200 kendaraan. Dengan fasilitas tersebut, dikatakannya, pengguna bandara akan semakin nyaman berada di bandara.

”Kemudian potensi pertumbuhan penumpang sebesar 10 persen tiap tahunnya juga dapat diakomodir oleh keberadaan terminal dan infrastruktur baru Bandara Ahmad Yani, yang diposisikan sebagai bandara bisnis dan industri ini,” ujar Faik Fahmi.

Ditambahkan olehnya, terminal baru Bandara Ahmad Yani memang mengusung konsep eco-airport. Bandara direncanakan, dikembangkan, dan dioperasikan untuk  menciptakan sarana dan prasarana perhubungan yang ramah lingkungan.

”Bangunan terminal sebagian besar berdiri di atas air dan dikelilingi kolam, mulai dari gedung terminal, gedung parkir, dan wetland park area. Pada area bandara juga ditanami 24 ribu bibit mangrove untuk medukung pelestarian lingkungan,” katanya.

Konsep ini digadang menghadirkan banyak keistimewaan, baik dari aspek fisik, ekologi, maupun ekonomi. Keberadaan hutan mangrove di sekitar bandara dinilai dapat dikembangkan sebagai objek wisata alam tersendiri. (sga/aro)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Kenalkan A31 di Indonesia, Bawa Keunggulan Macro Lens Triple Camera dan Layar Waterdrop 6.5 Inci

RADARSEMARANG.COM, JAKARTA – Kemarin (13/2), OPPO akan mulai menjual perangkat barunya, A31. Perangkat terbaru pada lini seri A ini hadir dengan keunggulan internal memori...

Mengejar SARS

Yang sembuh dan yang meninggal terus bertambah. Berkejaran. Orang pun mulai membanding-bandingkan: mengerikan mana. Virus Wuhan sekarang ini atau SARS 18 tahun lalu. SARS: yang...

Wajah Baru Warnai Ofisial Tim PSIS

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – PSIS Semarang resmi memperkenalkan ofisial tim musim depan. Terdapat beberapa nama baru yang akan bahu-membahu membantu pelatih Dragan Djukanovic mengarsiteki Mahesa Jenar...

Lomba Cepat

Berita buruknya: korban virus Wuhan bertambah terus. Sampai kemarin sudah 106 yang meninggal. Hampir semuanya di Kota Wuhan --ibu kota Provinsi Hubei.Berita baiknya: yang...

More Articles Like This

- Advertisement -