Beranda Berita Semarang Desak Dishub Tata Terminal Terboyo

Desak Dishub Tata Terminal Terboyo

Others

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Supriyadi menyayangkan pengelolaan Terminal Terboyo yang tak serius, bahkan menjelang Lebaran 2018 justru terbengkalai. Padahal, hingga saat ini mayoritas awak bus baik Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) masih menetap di Terminal Terboyo. Meski sebagian bangunan telah dibongkar untuk dilakukan pembangunan.

Perlu diketahui, status Terminal Terboyo ini telah diubah dari Tipe A menjadi Tipe C yang diperuntukkan Terminal Peti Kemas dan parkir truk. Bus-bus yang masih mangkal di kawasan Terboyo dan sekitarnya, sebenarnya tidak memiliki trayek di Terboyo. Hal ini menyebabkan kondisinya semrawut.

“Kami minta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang untuk segera menata Terminal Terboyo, agar kondisi terminal tidak semakin semrawut saat arus mudik Lebaran,” katanya, kemarin.

Supriyadi menilai sejauh ini Kota Semarang tidak memiliki terminal yang representatif selain Terminal Terboyo. Menurut dia, terminal ini seharusnya tetap difungsikan sebagai terminal penumpang karena letaknya strategis sebagai feeder atau penghubung dengan kabupaten lain.

“Sejak awal, kami tidak setuju dengan pengalihan bus dari Terboyo ke Terminal Mangkang. Selain menambah jauh jarak tempuh bus, juga menyulitkan penumpang yang hendak menuju ke tengah kota,” katanya.

Kota Semarang sendiri hanya memiliki Terminal Cangkiran, tetapi tidak bisa dijadikan sebagai terminal penghubung. “Seharusnya, Dishub memfungsikan kembali Terminal Terboyo, tidak menghilangkan fungsinya sebagai terminal angkutan. Sebab, Terboyo jadi feeder dengan kabupaten di sebelah timur,” katanya.

Kepala Dishub Kota Semarang, Muhammad Khadik mengatakan, pihaknya memang sengaja tidak menata Terminal Terboyo karena tidak dijadikan terminal Lebaran untuk menampung para pemudik. “Terboyo sekarang ini dalam proses pembongkatan dan akan dibangun. Nantinya Terboyo dijadikan terminal Tipe C yang peruntukannya sebagai terminal truk dan peti kemas,” katanya.

Namun demikian, ia memersilakan sementara waktu ini para awak bus tetap menempati Terminal Terboyo untuk melayani arus mudik Lebaran mendatang. “Trayeknya sudah pindah di Terminal Mangkang. Jadi yang dipersiapkan untuk pemudik adalah Terminal Mangkang. Tapi untuk kebaikan bersama, sementara ini silakan kalau Terboyo mau dipakai untuk melayani pemudik,” katanya. (amu/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

12,298FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Tesla Halmahera

Related News