Beranda Ungaran Sebaran Abu Vulkanik Merapi Meluas

Sebaran Abu Vulkanik Merapi Meluas

Others

RADARSEMARANG.COM, UNGARAN – Sebagian wilayah Kabupaten Semarang ikut terpapar abu vulkanik akibat erupsi gunung Merapi, Jumat (1/6). Kepala BPBD Kabupaten Semarang, Heru Subroto mengatakan jika ada empat kecamatan yang lingkungannya terpapar abu vulkanik merapi.

Keempatnya adalah Kecamatan Getasan, Ambarawa, Banyubiru, dan Tengaran. Empat kecamatan tersebut merupakan wilayah yang terpapar debu lebih pekat dari wilayah lain. Karenannya, hingga beberapa hari ke depan pihaknya mengimbau kepada masyarakat di empat kecamatan tersebut untuk selalu mengenakan masker.

BPBD Kabupaten Semarang membagikan 11 ribu masker juga membagikan bantuan 10 ribu masker dari BPBD Provinsi Jawa Tengah. Tebal debu di masing-masing kecamatan tersebut berbeda.

Wilayah yang paling mencolok dari paparan debu merapi yaitu Getasan dan Banyubiru. Kecamatan Getasan dikarenakan lokasinya yang berada di kaki gunung Lawu, dan berdekatan dengan abu vulkanik merapi yang mengarah ke  utara.“Getasan letaknya di atas (dataran tinggi) sehingga langsung terpapar, apalagi semburan abu menuju ke utara (Getasan),” katanya.

Kades Sepakung Ahmad Nuri mengatakan selain pemukiman penduduk, sawah dan kebun warga juga dipenuhi abu vulkanik merapi. Saat hujan abu tersebut ia langsung mengintruksikan kepada warganya untuk tidak keluar rumah.

Warga Kopeng, jelasnya, mulai merasakan paparan debu vulkanik ini sekitar pukul 09.15 WIB. Awalnya, warga di Desa Kopeng dan desa lain di sekitarnya sempat melihat kolom abu vulkanik yang membumbung tinggi.

Humas SAR Bumi Serasi (Buser), Oka Grana Novandra yang dikonfirmasi mengatakan meski debu vulkanik tidak terlalu pekat, ia menghimbau agar warga yang akan beraktivitas di luar rumah untuk menggenakan masker serta kacamata.  “Sejauh ini, SAR Buser masih terus memantau perkembangan di lapangan, terkait dampak paparan abu vulkanik erupsi merapi ini,” katanya.

Sementara selain Kabupaten Semarang, sejumlah wilayah di Kota Slatiga kemarin juga terdampak abu vulkanik akibat erupsi gunung Merapi. Pemkot Salatiga juga membagikan ribuan masker kepada warga.

Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris mengatakan, Pemkot Salatiga menyediakan 200 ribu masker dan ada sebagian yang telah dibagikan kepada warga masyarakat. Pembagian masker ini dilakukan menyusul hujan abu dari Gunung Merapi sampai Salatiga.

“Setelah ada hujan abu, kami langsung bergerak cepat membagikan masker kepada warga masyarakat. Ada sekitar 200 ribu, sebagian sudah dibagikan kepada warga masyarakat yang dikoordinir Dinas Kesehatan,” kata Haris saat dihubungi wartawan, kemarin.

Sementara drg Nunung dari Puskesmas Sidorejo Lor menuturkan, pihaknya membagi 75 dus masker kepada masyarakat. Menurutnya, hujan abu harus diantisipasi agar tidak mengganggu pernafasan. (ewb/sas/bas)

Stay Connected

12,286FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Semut Raksasa

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here