Tingkatkan Kompetensi, Dirikan IHKA

  • Bagikan
SIMBOLIS  : Ketua IHKA Magelang, Faizal Iziana menyerahkan perlengkapan kerja kepada perwakilan vendor, Rabu (30/5) lalu di Hotel Atria. (Ilham ICTC for JP Radar Kedu)
SIMBOLIS  : Ketua IHKA Magelang, Faizal Iziana menyerahkan perlengkapan kerja kepada perwakilan vendor, Rabu (30/5) lalu di Hotel Atria. (Ilham ICTC for JP Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Peran sentral yang dimiliki oleh house keeper dalam menjaga, merawat, memelihara keindahan di hotel area kerjanya mendorong para house keeper mendirikan Indonesian House Keepers Association (IHKA) Magelang.

Pendirian IHKA untuk menyatukan house keeper yang ada di Magelang Raya dan juga meningkatkan kompetensinya. Ketua IHKA Magelang, Faizal Iziana, Rabu (30/5) lalu usai buka puasa bersama dan silaturahmi IHKA Magelang di Hotel Atria menuturkan IHKA baru dibentuk dua bulan lalu. Jumlah anggota baru 50 orang dari ratusan house keeper yang ada di Kota/Kabupaten Magelang.

“Pendirian IHKA berawal dari keinginan untuk menyatukan dan mensinkronkan kesamaan visi dengan Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI). Karena peran house keeper sangat sentral dalam mendukung kepariwisataan terutama pelayanan kepada pengunjung,” jelas Nana -panggilan akrab Faizal Iziana.

Nana menuturkan, IHKA berupaya untuk menjembatani para house keeper yang ada di hotel, restoran, rumah sakit, tempat hiburan lain serta fasilitas umum lainnya.

“Untuk saat ini, baru 50 orang yang bergabung. Rencana akan kami kembangkan hingga eks Karesidenan Kedu karena catatan kami ada sekitar 500 house keeper yang ada,” tutur Nana.

Dikatakan, melalui IHKA, pihaknya berencana membuat kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi para house keeper. ”Ðalam waktu dekat kami akan mengadakan pelatihan peningkatan kompetensi. Karena ini sangat penting guna menunjang pelayanan kepada konsumen,” beber Nana.

Humas IHKA Magelang sekaligus Dirut ICTC Magelang, Ilham Agus mengungkapkan, IHKA secara tidak langsung ikut berperan dalam meningkatkan kepariwisataan di Kota/Kabupaten Magelang. “Jika pelayanan hotel, restoran maupun tempat lainnya memuaskan pelanggan maka pastinya akan mengadakan kunjungan lagi,” tutur penerima Leadership Award Jawa Pos Radar Kedu ini.

Kepala Dinas Pemuda Olahrga dan Pariwisata (Disporapar), Jarwadi, menyambut baik pembentukan IHKA. Ia berharap, IHKA mampu mendukung kegiatan pariwisata di Kota Magelang dalam bentuk pelayanan yang terbaik. (had/lis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *