Usai Sikat Boks, 6 Pencuri Pesta Sabu

  • Bagikan
TIDAK KAPOK: Enam tersangka pencurian boks Telkomsel diamankan di Polsek Banjarsari, kemarin. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)
TIDAK KAPOK: Enam tersangka pencurian boks Telkomsel diamankan di Polsek Banjarsari, kemarin. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

RADARSEMARANG.COM, SOLO – Enam pelaku pencurian boks milik PT Telkomsel di ruas Jalan Dr Soepomo, tepatnya di depan Hotel Wisnu diamankan kemarin. Dalam aksinya, mereka berhasil menggondol 12 aki kering dan perlengkapan telekomunikasi dari dalam kotak tersebut.

Para pelaku yang ditangkap di antaranya, Anton Rusdi alias Babahe, 42, warga Cemani, Kecamatan Grogol, Sukoharjo; Sardi alias Ceret, 36, warga Sidomulyo, Kecamatan Delanggu, Klaten, serta Danang Wibowo alias Pete, 36, warga Niten, Desa Selokaton, Kecamatan Godangrejo, Karanganyar.

Selain itu, pelaku lain yang turut terciduk adalah Dedi Apriyanto, 37, warga Cisuak, Serpong, Tangerang Selatan, Banten; Lilik Setyo Purwoko, 37, warga Kragan, Kecamatan Polanharjo, Klaten, dan Danan Tri Budi Pranowo, 39, warga Bibis Luhur, Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Dalam kasus pencurian dengan pemberatan (curat) ini, Danang merupakan otak aksi. Dalam melancarkan aksinya mereka berpura-pura menjadi pegawai rekanan PT Telkomsel yang hendak mengecek keadaan boks yang terpasang di tiang Telkomsel. Setibanya di lokasi, keenam pelaku kemudian masuk ke dalam Hotel Wisnu dan meminta izin untuk melakukan pengecekan.

Guna mengelabuhi resepsionis hotel tersebut, para pelaku juga menggunakan ID palsu. Tidak berapa lama kemudian  para pelaku mendapatkan izin oleh manajemen hotel. Mereka lantas menggasak isi boks tersebut. “Kami pura-pura bilang mau mengecek. Saat itu tidak terlalu diperiksa ID kami, karena pegawai hotel sedang sibuk melayani tamu karena ada agenda nonton bareng final Liga Champion,” ujarnya.

Dari hasil rekaman CCTV, pihak kepolisian langsung melakukan penyelidikan dengan memanfaatkan teknologi GPS, dan mendapati kendaraan pelaku berhenti di sebuah hotel di Jalan Dr Radjiman, Kecamatan Laweyan. Benar saja, para pelaku beserta sisa barang bukti yang belum terjual berhasil ditemukan petugas.

Ketika ditangkap para pelaku sedang asyik pesta sabu-sabu di dalam salah satu kamar hotel. “Setelah digeledah, polisi berhasil menemukan sabu seberat 10 gram dibungkus menggunakan 7 plastik transparan, alat hisap, serta timbangan digital,” urai Kapolsek Banjarsari Kompol I Komang Sarjana. (atn/bun)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *