31 C
Semarang
Selasa, 11 Mei 2021

Kelola Sampah, Kendal Jajaki Kerjasama dengan Bulgaria

RADARSEMARANG.COM, KENDAL—Permasalahan penanganan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Darupono, Kecamatan Kaliwungu Selatan, menjadi permasalahan pelik bagi warga. Pasalnya, TPA yang tidak ada tempat pengolahan dan hanya jadi tempat pembuangan itu menimbulkan polusi berupa bau menyengat dan mencemari lingkungan. Alhasil, warga sekitar yang terdampak mengeluh.

Hal itu terungkap dalam kegiatan Sahur Bersama dan salat Subuh berjamaah bersama Bupati Kendal dan Forkopimda. Kegiatan dilaksanakan di Masjid Darusalam Desa Darupono, Kamis (31/5).

Salah satu warga, Trimo yang juga mantan Ketua DPRD Kendal meminta kepada pemkab untuk menangani sampah secara serius. “Mohon agar sampah ini tidak hanya dibuang saja, tapi ada pengelolaannya. Sehingga TPA ini perlu dibangun ulang agar lebih baik dantidak menimbulkan polusi yang merugikan warga dan alam,” katanya.

Menanggapi hal tersebut,  Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan, saat ini pihaknya mulai menjajaki kerjasama dengan Negara Bulgaria, terkait pengelolaan sampah.  “Jika tidak ada kendala, Juli nanti bisa dilakukan MoU dan sampah bisa tertangani dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga tengah berkonsultasi ke Pusat untuk penanganan sampah di semua wilayah Kendal. Sehingga 2019 tidak ada lagi sampah berceceran. “Mimpi saya, Kendal ini bisa bersih dari sampah dan warganya juga sadar akan kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” kata Mirna.

Masalah sampah, lanjut bupati, salah satunya akan ditangani dengan memanfaatkan BUMDes. Seluruh permasalahan sampah bakal tertangani dengan baik dengan melibatkan seluruh stakeholder di Kabupaten Kendal.

Dalam kegiatan tersebut, warga juga mempersoalkan jalan di depan bekas kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan (Kalsel). Mirna memastikan tahun 2018 ini jalan diperbaiki.

Begitupun masalah kantor Kecamatan Kalsel yang belum menuai solusi, karena bangunan yang ada mangkrak. Menurutnya Baperlitbang telah bertemu dengan Perhutani pekan lalu, untuk membicarakan tukar guling pada bulan Juni dan Juli 2018. Sehingga Kecamatan Kaliwungu Selatan dipastikan mempunyai kantor baru yang pembangunannya bisa segera dilakukan setelah adanya tukar guling.

Sementara itu, dalam kegiatan Sahur Bersama tersebut, Pemkab Kendal melalui Baznas menyerahkan bantuan paket sembako pada kaum duafa dan bantuan pembangunan masjid sebesar Rp 5 juta. (bud/zal)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here