31 C
Semarang
Rabu, 12 Mei 2021

Jemput Bola, Sasar Pemilih Muda

RADARSEMARANG.COM, KENDAL— Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kendal melakukan jemput bola untuk mempercepat proses perekaman data KTP Elektronik (E-KTP). Selain untuk mempercepat penyelesaian, juga untuk proses pemilihan gubernur agar seluruh warga yang sudah memiliki hak pilih bisa menggunakan haknya.

Proses jemput bola dilakukan dengan mobil operasional. Mendatangi titik-titik keramaian, seperti balai desa maupun pasar. Selain itu juga menyasar pemilih muda, yakni siswa SMA/SMK sederajat dengan mendatangi sekolah-sekolah. Tidak hanya itu, Dispendukcapil juga mempercepat cetak E-KTP dengan memberlakukan hari Sabtu tetap buka pelayanan setengah hari.

Diharapkan, saat Pilgub nanti sudah tidak ada warga  yang belum melakukan  perekaman data  E-KTP.  “Terutama pemilih muda yang tahun ini atau pada saat Pilgub nanti sudah berusia 17 tahun,” kata Kepala Dispendukcapil Kendal, Bambang Dwiyono.

Diakuinya, untuk tempat-tempat keramaian seperti Alun-alun Kendal, setiap hari bisa mendapatkan 50-100 orang yang melakukan perekaman. “Tergantung lokasi dimana banyak  orang yang belum melakukan  perekaman data, biasanya mereka langsung mengabarkannya kepada sanak saudara untuk melakukan perekaman,”  jelasnya.

Edi Prayitno  salah seorang warga Kendal mengatakan, langkah yang dilakukan Dispendukcapil sangat memudahkan warga. “Langsung rekam data, foto di layanan mobil keliling  Dispendukcapil. Jadi enaknya tidak tidak  harus  mengantre seperti di Kantor Dispendukcapil,” ujarnya.

Sementara Kepala  Seksi  Sistem  Administrasi Kependudukan  Atau  Siak Disepndukcapil Kendal, Suryanto mengatakan, dengan sistem jemput  bola  ini  diharapkan  dapat mempermudah masyarakat yang akan  melakukan perekaman data. Khususnya  yang  jauh dari  kantor  Dispendukcapil.

“Dengan  pelayanan  ini masyarakat  yang datang bisa langsung melakukan perekaman. Tapi untuk cetak tetap dilakukan di kantor  Dispenducapil, karena mesin cetaknya hanya ada di kantor. Tapi material sudah ada, jadi hanya menunggu antrean beberapa hari untuk cetak fisik KTP,” jelasnya.

Ia menambahkan dengan mobil keliling, selama ini yang disasar di pedesaan/ sekolah  dan tempat keramaian umum. Sehingga  tempatnya  setiap hari selalu berpindah-pindah. Diharapkan  pada  pelaksanaan  Pilgub  Jateng semua  warga Kendal yang  berusia  17 tahun  sudah memiliki  E-KTP atau minimal surat keterangan telah melalukan perekaman.  (bud/zal)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here