31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

BNPT Tuding Undip Sarang Radikalisme

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) anggap Univeristas Diponegoro (Undip) menjadi sarang radikalisme. Lantaran menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang dijadikan lokasi penyebaran dan berkembangnya paham radikal.

Menanggapi hal tersebut, Undip langsung mengambil tindakan. “Klaim BNPT tentunya didasarkan informasi atau data, coba kami diberitahu betul siapa-siapanya,” ungkap Rektor Undip Prof Yos Johan Utama, Kamis (31/5).

Informasi tersebut, sambung Yos, dapat berguna bagi Undip untuk memahami pola pergerakan dan pola pemaparan paham radikal kepada yang lain. “Undip dengan senang hati menerima, jika BNPT memberikan panduan bagaimana menghadapi dan menyelesaikan hal tersebut. Karena BNPT memang institusi yang khusus dibuat untuk itu,” jelasnya.

Yos berharap, BNPT bisa menggerakkan civitas akademika melakukan perbaikan untuk negara. Pihaknya telah menyiapkan tim pembentukan satgas guna menanggulangi radikalisme.

“Kami tidak tahu, kalau ternyata banyak yang bergerak di bawah. Yang mencuat kemarin, karena dia muncul di Facebook. Data tersebut juga nantinya dapat menghindarkan dari salah sangka,” ujarnya.

Yos akan menginisiasi melalui Forum Rektor Indonesia (FRI) untuk bersama-sama menyelesaikan masalah bangsa. “Kami berharap, tercipta pertemuan yang membahas lebih mendalam terkait radikalisme yang mulai menyasar Perguruan Tinggi,” katanya. (tsa/zal/ida)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here