32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

Salatiga Raih Predikat WTP  

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Kota Salatiga kembali meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah berkait penyampaian laporan hasil pemeriksaan LKPD tahun 2017 dari seluruh entitas yang diperiksa.

Penyerahan Laporan hasil pemeriksaan LKPD tahun 2017 ini langsung diterima oleh Wali Kota Salatiga Yuliyanto didampingi Wakil DPRD Kota Salatiga, Ir. Hj Diah Sunarsasi. Yuliyanto mengatakan bahwa prestasi tersebut merupakan hasil kerja bersama  dari seluruh jajaran Pemkot Salatiga. Kota Salatiga bisa mempertahankan raihan WTP di tahun 2016 lalu.

“Ini hasil kerja bersama. Alhamdullah, kita bisa kembali meraih WTP dari laporan LKPD tahun 2017. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berupaya keras dalam mengelola keuangan dengan baik. Mari kita jaga dan terus perbaiki, ” terang walikota Yuliyanto.

Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Tengah  Hery Subowo menuturkan jika hasil ini diperoleh setelah dilakukan penilaian langsung oleh BPK. Menurutnya penyampaian hasil laporan ini sangatlah penting sebagai alat kontrol dalam pengelolaan anggaran keuangan yang digunakan.

“Ada sebanyak 36 entitas yang diperiksa, terdiri dari 6 kota, 29 kabupaten dan 1 pemerintah provinsi jawa tengah. Mereka menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam penyampaian hasil laporan keuangannya. Di tiga tahun terakhir saja dari 12  daerah yang meraih opini WTP di tahun 2014,  meningkat menjadi 21 daerah, dan meningkat lagi di tahun 2017 menjadi 31 daerah. Saya harap di tahun depan bisa meningkat lagi,” terang Hery Subowo, saat memberikan sambutan pada acara penyerahan laporan  hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah(LKPD) tahun 2017, di Aula Gedung BPK, Pudakpayung Semarang, Senin sore (28/5).

Ditambahkan, bahwa penyerahan atau penyampaian hasil laporan pemeriksaan BPK atas LKPD setiap tahunnya ini  merupakan bagian dari mekanisme akuntabilitas yang dikerjakan. Adanya pemeriksaan dari BPK ini akan lebih memotivasi supaya mampu mengkontrol dan mengkoreksi arah kebijakan. (sas/bas)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here