28 C
Semarang
Sabtu, 12 Juni 2021

Setiap Sekolah Harus Bebas Asap Rokok

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Dewan Pendidikan Kota Magelang mendesak pemkot merealisasikan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di seluruh lingkungan sekolah. Pasalnya, lingkungan pendidikan yang baik adalah bersih dari asap rokok sebagai pendidikan karakter.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Magelang, Kartono menegaskan, pendidikan itu membentuk karakter. Segala tindak tanduk guru, pengajar, atau tenaga kependidikan di sekolah sangat berpengaruh pada karakter anak didik.

“Guru itu kan digugu dan ditiru. Kalau gurunya tidak merokok, kemungkinan besar muridnya tidak merokok. Sangat disayangkan kalau sampai ada guru yang merokok di sekolah dan diikuti muridnya. Maka, peraturan ini penting agar anak-anak kita ke depan tumbuh menjadi anak yang berkarakter,” tegas Kartono, Jumat (25/5).

Kartono mengungkapkan, upaya menciptakan KTR di sekolah-sekolah harus dimulai dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang menaungi bidang pendidikan. Ia menyambut baik rencana Disdikbud yang akan merealisasikan peraturan tentang KTR di lembaga pendidikan tersebut.

“Peraturan sebenarnya sudah lama dari Kemendikbud dan diikuti Mendagri, tapi memang penerapannya yang belum maksimal. Maka, kami mendukung upaya Disdikbud yang akan segera menjalankan peraturan itu secara utuh,” jelas Kartono yang juga menjabat Wakil Ketua Pramuka Kwartir Jawa Tengah.

Kepala Disdikbud Kota Magelang Taufik Nurbakin mengatakan, Pemkot Magelang akan segera merealisasikan kawasan dilarang merokok di seluruh lembaga pendidikan di Kota Magelang. Sebagai awalan, ruangan khusus untuk merokok yang ada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) bakal dibongkar. (had/ton)

Latest news

Garuda Ayolah

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here