25 C
Semarang
Jumat, 23 April 2021

Terapkan Pilkades dengan Sistem E-Voting dan E-Verifikasi

spot_img
spot_img

RADARSEMARANG.COM – PEMKAB Pemalang telah melakukan kerjasama dengan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) dalam penerapan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dengan sistim e-voting dan e-verifikasi. Tahun 2015 lalu, 7 desa telah berhasil melakukan Pilkades dengan e-voting dan e-verifikasi. Maka tahun 2018 ini, akan mengulang sukses dengan melaksanakan Pilkades di 176 desa secara serentak.

“Saya sebenarnya sudah menawarkan sistem e-voting dan e-verifikasi secara lisan ke KPU pusat. Bahwa kami bersama BPPT, telah berhasil melaksanakan Pilkades, kenapa KPU Pusat tidak bisa. Namun belum ditindaklanjuti,” jelas Bupati.

Padahal, dengan sistem e-voting dan e-verifikasi, 5 menit setelah dilakukan pemungutan suara dan ditutup dengan berita acara sesuai perundang-undangan yang berlaku, bisa langsung keluar nama pemenangnya. Tanpa konfik dan komplain dari siapapun, karena Pilkades dengan sistem ini tak bisa direkayasa. “Pilkades ini menggunakan KTP elektronik. Kalau orang membawa KTP orang lain, aplikasi langsung menolak,” tandasnya. (adv/ida)

spot_img

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here