Karakteristik Pertanyaan Efektif dalam Matematika

spot_img

RADARSEMARANG.COM – AKTIVITAS efektif yang paling sering digunakan guru untuk mengetahui seberapa jauh peserta didik memahami materi yang mereka pelajari adalah dengan bertanya. Berdasarkan pengalaman penulis, apabila seseorang dihadapkan pada masalah atau pertanyaan,  maka seseorang akan berpikir. Pentingnya peranan bertanya dalam pembelajaran menuntut seorang guru agar berhati-hati dalam memilih pertanyaan. Diharapkan pertanyaan yang diberikan merupakan pertanyaan yang efektif.

Pertanyaan efektif yang diberikan oleh guru bertujuan untuk melibatkan peserta didik dalam berpikir, mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif, memancing peserta didik mengungkapkan pendapat sendiri dan memberi kesempatan kepada semua peserta didik mendapatkan jawaban yang berbeda-beda dibanding peserta didik yang lain.

Pertanyaan dalam matematika disebut efektif jika memiliki minimal satu dari lima karakteristik berikut ini. Pertama, menuntut pemikiran, artinya pertanyaan yang diberikan oleh guru tidak sekadar mengingat fakta dan menjawab prosedur matematika saja. Jawaban yang diberikan menuntut berbagai alternatif jawaban atau memberikan alasan pada jawabannya. Kedua, menghendaki peserta didik untuk menjelaskan jawaban, mengevaluasi, menganalisis, membuat simpulan atau membuat generalisasi. Sehingga ketika guru memberikan pertanyaan tentang permasalahan volume kubus, jangan berhenti sampai peserta didik menjawab volumenya, tetapi  perlu ditambahkan alasan/simpulan bagaimana peserta didik menemukan jawaban tersebut.

Baca juga:   Model TPS Tingkatkan Komunikasi dan Motivasi Belajar Matematika

Ketiga, bersifat open ended/terbuka, artinya pertanyaan yang diberikan memungkinkan peserta didik memberikan penyelesaian lebih dari satu. Pertanyaan terbuka merangsang peserta didik untuk menentukan berbagai strategi menjawab dan menentukan jawaban yang berbeda. Contoh pertanyaan open ended adalah “Tentukan hasil perkalian dua bilangan bulat yang hasilnya adalah negatif 20?” Dari pertanyaan ini, peserta didik akan menganalisa dan memberikan berbagai alternatif jawaban.

Keempat, memungkinkan peserta didik memaknai proses menjawab pertanyaan. Pertanyaan efektif yang diberikan akan memberi ruang adanya “proses” dalam menjawab. Proses yang dimaksud adalah bagaimana peserta didik memahami apa yang mereka tanyakan, proses mengumpulkan data yang dijadikan pendukung, proses dalam menentukan cara penyelesaian, menarik kesimpulan dan proses refleksi. Dengan adanya berbagai proses ini diharapkan peserta didik bisa memaknai matematika dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan karakteristik terakhir dari pertanyaan efektif adalah memungkinkan guru belajar tentang kemampuan peserta didik melalui usaha peserta didik menjawab pertanyaan tersebut. (igi2/aro)

 Guru SMP Negeri 6 Salatiga

Author

Populer

Lainnya