32 C
Semarang
Rabu, 23 Juni 2021

PKL Penuhi Jalur Pedestrian

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Sejumlah trotoar di Semarang telah dibangun dengan cantik. Termasuk fasilitas untuk para penyandang difabel. Hanya saja, banyak trotoar yang disalahgunakan.

Seperti di Jalan Tri Lomba Juang. Trotoar digunakan untuk lapak tambal ban. Trotoar nyaris tidak dapat dilewati karena dipenuhi tumpukan ban mobil. Sama halnya di daerah Erlangga. Trotoar masih banyak digunakan oleh pedagang kaki lima (PKL).

Yosie, salah satu mahasiswa perguruan tinggi di Semarang menyayangkan kondisi trotoar yang demikian. Sebagai warga Semarang, ia mengaku prihatin. Ia juga aktif menyuarakan persoalan trotoar ini melalui media sosial.

”Setahu saya masih banyak yang belum berfungsi dengan baik. Karena seperti ini (di Jalan Tri Lomba Juang) masih digunakan untuk lapak tambal ban,” ujar mahasiswa yang mengaku sedang mengerjakan tugas akhir berkaitan dengan fasilitas publik ini.

Sementara itu, Ketua Komunitas Sahabat Difabel Semarang, Didik Sugiyanto mengapresiasi Pemerintah Kota Semarang dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (DPU) yang telah mengupayakan aksesibilitas publik dalam pembangunan yang dilakukan. Ia menilai, trotoar yang dibangun sudah bagus, dengan ketersediaan ram/ jalur kursi roda, guiding block serta ketinggian trotoar yang dirasa pas.

Hanya saja, untuk guiding block menurutnya, belum menyediakan tanda peringatan, sehingga ketika bersinggungan dengan tiang listrik atau pohon masih cukup membahayakan. Di samping itu, masih banyak kepentingan lai di trotoar seperti sepeda motor yang melewati trotoar.

”Pemerintah memiliki niat bagus dengan membangun tiang pembatas agar tidak dilalui sepeda motor. Hanya saja, ini justru menghalangi pengguna kursi roda,” jelasnya.

Dirinya berharap, ada solusi dari Pemerinah Kota Semarang sehingga trotoar yang sudah dibangun cukup bagus dapat berfungsi sebagaimana mestinya. ”Semoga pemerintah bisa terus menggandeng para difabel dalam setiap pembangunan aksesibilitas publik sehingga bisa sesuai dengan kebutuhan masyrakat,” harapnya. (sga/zal)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here