Yuk, Sekarang Juga Bahagiakan Orangtua Kita

  • Bagikan
Oleh : Estri  Julianti  SPd
Oleh : Estri  Julianti  SPd

RADARSEMARANG.COM – BELAJAR dari pengalaman sebagai guru Bimbingan Konseling yang menangani anak usia remaja awal,  banyak  masalah  yang harus cepat diatasi. Di antaranya, catatan hasil  konsultasi  para  orang tua yang  datang ke sekolah yang  mengeluhkan sikap anaknya  yang  rata -rata  belum  teratur dalam menjalani kegiatan belajar. Masih  banyak  siswa yang berperilaku  semau gue  dan yang  penting  happy. Di sisi  lain , para orangtua cemas dan khawatir  akan  nasib anaknya  di kemudian hari. Untuk itu, perlu dilakukan pendekatan kepada siswa untuk mengajak mereka berbuat sesuatu agar orangtua mereka menjadi bahagia.

Orangtua adalah sosok yang sangat berarti bagi kita semua. Karena kasih sayangnya, pengorbanannya dan kepeduliannya tarhadap kita, sehingga kita bisa tumbuh  menjadi anak yang sehat, cerdas, dan berbudi luhur. Namun di sisi lain, kadangkala  kita sebagai anak sering membuat jengkel  terhadap mereka dengan sikap, kebiasaan buruk, dan omongan  yang  mengakibatkan orangtua menjadi marah. Hal ini kalau sampai terjadi terus-menerus akan berakibat fatal pada kesehatan  orangtua kita, dan kemungkinan terburuk bisa meninggalkan kita untuk selama-lamanya

Siapapun  kita tentunya  sangat berharap  setelah kita sukses nantinya, orangtua kita masih bisa melihat dan  merasakan kebahagian yang kita peroleh. Namun hal itu  kadang terasa sulit untuk diwujudkan , karena banyak  kendala atau  rintangan yang selalu menghalangi kita dalam perjalanan hidup ini.

Untuk membahagiakan orangtua, tidak  perlu menunggu  sampai kita menjadi orang yang sukses. Sekarangpun  kita juga bisa membuat orangtua bahagia. Oleh karena itu, selagi orangtua kita masih lengkap, marilah kita  mencoba membuat orangtua kita bahagia. Caranya: pertama, pulang  sekolah, pulang rumah.  Artinya, setelah pulang  sekolah  langsung pulang ke rumah, tidak ada tujuan lain yang menyebabkan  sampai rumah terlambat.  Kedua, belajar sungguh sungguh. Dalam kehidupan sebagai pelajar, belajar akan berhasil dengan baik apabila dengan menentukan atau membuat program  belajar yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk membuat program belajar, yang terpenting adalah adanya kedisiplinan, waktu, kemauan dan kesungguhan.

Ketiga, rajin beribadah. Ibadah  merupakan  kewajiban bagi umat beragama, karena ibadah mempunyai nilai wilayah dan dimensi ukkhrowiyah (nilai pahala dari Tuhan dan menuai hasil di akhirat) tidak terbatas di mana saja.

Keempat, mandiri. Menurut  Elizabet B Hurlock dalam bukunya Psikologi Perkembangan, kemandirian adalah  kemampuan seseorang untuk  mengarahkan dirinya sendiri dan tidak tergantung kepada orang lain. Bila kita selalu tergantung  pada orang lain, segala sesuatu akan  menjadi  masalah  diri sendiri, dan juga  akan menambah pekerjaan bagi orang lain, terutama orangtua kita.

Kelima, jaga perilaku. Perkembangan remaja yang menuntut kemampuan bersosialisasi membuat remaja lebih banyak berada di luar rumah bersama teman sebaya. Interaksi yang kuat dengan kelompok teman sebaya memberikan pengaruh yang besar tarhadap pembicaraan, sikap, perilaku, minat, dan penampilan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kita harus berhati-hati dalam menjalin pertemanan dengan kelompok teman sebaya supaya tidak terjerumus ke hal-hal yangmerugikan buat masa depan kita Dan yang terakhir, keenam,  bisa  membagi waktu. Sebagai seorang  pelajar yang tugas utamanya  belajar,  maka waktu  untuk belajar frekuensinya harus paling banyak. Karena  kalau tidak, maka dapat dipastikan hasil prestasi belajar tidak maksimal.

Waktu  tidak dapat diputar  justru melaju dengan cepat.  Kalau para siswa ingin menjadi orang suskses dan juga orangtua bahagia, lakukanlah semua hal di atas  selagi  ada waktu dan  kesempatan.  Jangan  sampai  sesal  di kemudian hari.  Insya Allah jika ini dilakukan, pasti orang tua  akan bangga dan senang hatinya. Selamat mencoba! (igi2/aro)

Guru  BK SMP Negeri 1 Salatiga

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *