PENGAMAMAN:  Sejumlah Polwan nampak mengamankan para jamaah salat Jumat di Masjid Agung Kendal, kemarin. (BUDI SETYAWAN / JAWA POS RADAR SEMARANG)
PENGAMAMAN:  Sejumlah Polwan nampak mengamankan para jamaah salat Jumat di Masjid Agung Kendal, kemarin. (BUDI SETYAWAN / JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KENDAL – Polisi Wanita (Polwan) Polres Kendal punya agenda khusus setiap hari Jumat. Bukan agenda Jumat bersih atau Jumat sehat, melainkan agenda untuk mengamankan umat muslim laki-laki untuk menjalankan salat Jumat.

Polwan ikut mengamankan masjid, kendaraan dan sandal para jamaah salat Jumat di Masjid Agung Kendal. Tidak hanya itu, mereka juga sabar menyebrangkan umat muslim yang hendak berangkat ke masjid.

Agenda khusus itu dilakukan mengingat para polisi laki-laki yang muslim juga menunaikan kewajiban salat Jumat. Sehingga Polwan menggantikan tugas polisi laki-laki untuk menjaga keamanan.

Kapolres Kendal AKBP Adiwijaya, menuturkan sebanyak 53 personel Polwan di kesatuannya diterjunkan untuk mengamankan masjid. 53 personel itu diterjunkan ke beberapa masjid di sepanjang pantura Kendal. Terutama yang berpotensi timbulnya kerawanan.

Para Polwan tersebut sudah bersiaga melaksanakan pengamanan dan pengaturan sejak pukul 11.00. Mereka membantu masyarakat yang menyeberang jalan untuk menuju masjid. “Di setiap masjid kurang lebih ditempatkan 8 personel Polwan untuk penjagaan dan pengaturan,” katanya.

Dengan keberadaan Polwan yang berjaga diharapkan masyarakat bisa lebih nyaman dan khusyuk dalam melaksanakan ibadahnya. “Ini juga salah satu cara mempermudah umat dalam menjalankan ibadah puasa,” tandansya.

Menurut Kapolres tidak jarang para pelaku kriminal menggunakan kesempatan saat orang melaksanakan salat Jumat dalam melancarkan aksinya. Dengan adanya Polwan yang berjaga di salat Jumat, selain untuk mengatur lalu lintas, juga bertujuan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan atau aksi kriminal.

“Seperti aksi pencurian sepeda motor,  helem, sandal, yang kerap terjadi. Kehadirannya diharapkan bisa mengatasi kerawanan-kerawanan itu. Hadirnya para Polwan saat salat Jumat ini sebagai salah satu bentuk tugas Polri dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat”, ungkap AKBP Adiwijaya. (bud/bas)