Fashion Show Tingkatkan Percaya Diri Siswa

spot_img

RADARSEMARANG.COM – Fashion show merupakan kegiatan yang harus dilakukan peserta didik Jurusan Tata Busana. Sebagai sarana promosi terhadap hasil karya yang sudah diciptakan  sesuai masing-masing Kompetensi Dasar. Dengan  fashion show peserta didik dapat mengekspresikan dirinya secara totalitas. Sebagai sarana yang efektif untuk menumbuhkan rasa percaya diri bagi peserta didik

Sarana yang efektif untuk membuat peserta didik bertanggungjawab mulai dari desain, pola, jahitan,finishing pressing dan hiasan. Kreatifitas akan muncul untuk mewujdkan karya yang akan digelar setiap akhir Kompetensi Dasar yang ditempuh. Keseriusan peserta didik akan dalam mengikuti pelajaran  sesuai Kompetensi Dasar dengan penuh semangat. Setiap torehan gambar desain yang akan diwujudkan dalam bentuk rancangan busana sampai dengan busana siap untuk  difashionshowkan

Persiapan peserta didik dari awal mulai desain sampai fashion show sesuatu yang berangkai sehingga merupakan satu kesatuan yang saling  berkaitan. Peserta didik akan menciptakan desain yang uptodate sesuai dengan Kompetensi Dasar yang diikuti. Dengan rancangan desain yang  sedang menjadi trend saat itu membuat hasil karyanya pantas dipromosikan dan layak jual.

Baca juga:   Menggalakkan Budaya Untuk Literasi Guru

Penyelenggaraan fashion show  dari peseriapan koleksi desain, mengukur tubuh, membuat pola, memotong bahan, menjahit, penyelesaian hiasan dan pengepressan dan fitting siap diperagakan. Kelengkapan fashion shom dari penataan panggung/ cat work, lampu, banner, musik dan tempat audion disiapkan dan ditata dari semua tim jurusan, tim sekolah/humas  dan peserta didik sesuai dengan pembagian tugas masing-masing akan melatih kerjasama, dislipin, bertanggung jawab,  kreatif dan percaya diri.

Sekolah harus memfasuilitasi kegiatan fashion show yang sebagai wahana bagi peserta didik untuk menciptakan karya sampai  keajang promosi dengan kegiatan fashion show baik didalam sekolah dan diluar sekolah. Selain itu juga dapat sebagai sarana promosi  yang nyata  bagi  Sekolah ,  yang mana dengan fashion show diluar sekolah , masyarakat akan mengenal dan tahu keberadaan Jurusant Tata Bbusana yang akhirnya akan menumbuhkan animo masyarakat untuk memasukkan anak, saudara, famili dan tetangga kesekolah.

Fashion show  baik di dalam sekolah maupun diluar sekolah harus dilaksanakan dengan profesional dari penyiapan koleksi desain bajunya, penyiapan model yang dari peserta didik itu sendiri, penyiapan cat work, dan semua kelengkapan fashion show.perlu dirancang dan disiapkan secara matang agar kegiatan dapat berjalan lancar dan sukses. Kegiatan yang membuat  peserta didik kreatif, mengikuti perkembangan zaman, tanggungjawab dan bekerja sama serta kerja keras akan menumbuhkan rasa percaya diri dan berani tampil dengan segala kemampuan yang dimiliki. Peserta didik akan berusaha tampil prima saat fashion show dari ujung rambut sampai ujung kaki. Dengan riasan yang sesuai dengan desain bajunya, asesoris yang dipilih juga sesuai dengan  busana yang diragakan akan mendukung suksesnya fashion show yang digelar.

Baca juga:   Metode Open Ended Tingkatkan Kreativitas Siswa

Peserta didik akan bangga dapat menciptakan karya dan memperagakan hasil karyanya, sehingga dapat membekali peserta didik untuk  mengembangkan dirinya baik jalur Bekerja, Melanjutkan  dan Wiwausaha (BMW) dibidang tata Busana. Dengan demikian akan melahirkan desainer- desainer , peragawati/pragawan, wirausahawan dan karyawan yang handal siap mengembangkan dunia Tata Busana baik lokal , nasional dan internasional. (igi1/aro)

Guru Tata Busana SMK Negeri 1 Salatiga

 

Author

Populer

Lainnya