31 C
Semarang
Sabtu, 15 Mei 2021

Jam Operasional Hiburan Malam Dibatasi

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Pemkot Salatiga membatasi jam operasional tempat hiburan malam, seperti karaoke, rumah biliar, dan panti pijat selama bulan Ramadan. Dinas Pariwisata Kota Salatiga juga membuat kebijakan libur tiga hari menjelang puasa kemarin. Yaitu dari Rabu (16/5) hingga Jumat (18/5). Setelah itu beroperasi seperti biasanya namun jam operasionalnya dikurangi.

Tempat hiburan karaoke, waktu operasional selama Ramadaan mulai pukul 21.00 – 01.00.  Sedangkan rumah biliard baru boleh buka mulai pukul 12.00 – 17.00 dan 21.00 – 01.00. Sedangkan untuk panti panti pijat buka pukul 10.00 – 17.00 dan pukul 21.00 – 01.00. Selain itu, pada pada H–2 hingga H+2 Lebaran, tempat hiburan umum dan panti pijat ditutup atau tidak beroperasional.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Salatiga Sri Danujo mengatakan, kebijakan tersebut ditetapkan dalam surat edaran Wali Kota Salatiga Nomor: 700/189/417 tentang Operasional Usaha Hiburan Umum, Hotel/Penginapan, Restoran, Rumah Makan Selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Kebijakan ini  untuk menghormati umat muslim dalam menjalankan ibadah puasa.

Ditandaskan dia, kebijakan tersebut wajib ditaati oleh para pelaku usaha hiburan umum, perhotelan dan panti pijat. Namun bila dalam perjalanan  ditemukan ada pelanggaran akan dikenai sanksi.

“Kami meminta kepada para pelaku usaha hiburan untuk ikut menjaga kekhusukkan ibadah puasa dan lebaran. Serta turut berperan aktif dalam upaya mencegah terjadinya perbuatan asusila oleh pasangan bukan muhrim. Bagi pelaku usaha warung makan agar menata tempat usahanya sedemikian rupa sehingga makanan dan minuman tidak terlihat secara kentara oleh masyarakat umum pada siang hari,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Satpol PP Kota Salatiga Yayat Nurhayat mengatakan, guna menjaga ketertiban, Satpol PP akan melaksanakan monitoring dan evaluasi untuk memastikan kepatuhan pelaku usaha atas ketentuan operasional tempat hiburan umum dan panti pijat selama Ramadan. “Kami akan intensifkan patroli dan monitoring. Bila  ada  tempat hiburan umum, karaoke dan panti pijat yang menyalahi ketentuan akan kami tindak tegas,” tandasnya. (sas/bas)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here