PT.PNM Gelar Pelatihan Pengembangan Bisnis Jambu Mete

70

PT. PNM merupakan BUMN yang bergerak di bidang ekonomi kerakyatan melalui pembiayaan, pendampingan, dan jasa manajemen kepada pelaku UMKM. PNM memiliki dua produk unggulan, yaitu ULaMM dan Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar).

Pimpinan Cabang PT. PNM Cabang Wonogiri, Agus Triyanto mengatakan, pelatihan bertujuan untuk peningkatkan pengetahuan terkait pemasaran, promosi, hingga kemasan produk mete.

”Pada waktu tertentu harga mete tidak stabil. Banyak pemain yang membuat mete harganya lumayan tinggi. Ini berpengaruh terhadap pemasarannya,” terang Agus.

Dari permasalahan tersebut, PT. PNM Cabang Wonogiri mendorong kelompok pengusaha mete untuk mangembangkan usaha melalui berbagai cara. Salah satunya bersinergi dengan dinas terkait dan forum UKM, serta permodalan yang ada di wilayah Wonogiri.

”Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan promosi, pemasaran, dan kemasan produk. Pengusaha diharapkan bisa meningkatkan pengetahuannya tentang manajemen keuangan. Serta meningkatkan terbentuknya UKM atau kelompok usaha. Agar terlahir pengusaha yang profesioanal, inovatif, dan berdaya saing tinggi dalam dunia bisnis,” imbuh Agus.

Pelatihan menghadirkan narasumber dari Ketua Asosiasi BMT Kabupaten Wonogiri dan Forum Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Wonogiri, Awaludin Wicaksono, Kepala Bidang Koperasi  UMKM, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan, Dwi Sudarsono, Kepala Bidang Perdagangan  Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan, Wahyu Widayati, serta Direktur Rumah Kemasan Kreatif Wonogiri, Heriwanto. (sct)

(rs/kwl/fer/JPR)