31 C
Semarang
Rabu, 12 Mei 2021

Rajin Blusukan Serap Aspirasi Masyarakat

Drs H Mujib Rohmat MH

RADARSEMARANG.COM – Duduk sebagai anggota DPR RI Komisi X, Drs H Mujib Rohmat MH benar-benar menunjukkan perhatiannya di bidang pendidikan, kepemudaan, ekonomi, dan perpustakaan. Terbukti, politisi Partai Golkar itu, selama melakoni reses di daerah pemilihannya, Jawa Tengah 1, rajin blusukan, menyerap aspirasi masyarakat.

Utamanya, untuk memompa gerakan literasi di sekolah-sekolah. Mujib Rohmat menyampaikan, rajinnya blusukan, sekaligus membuktikan kepada masyarakat, bahwa para legislatif di pusat, tidak hanya duduk dan terima gaji semata. Tapi juga membantu dan menyerap aspirasi masyarakat.

Menurutnya, minat baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Sehingga dibutuhkan kreativitas dan jemput pembaca melalui perpustakaan keliling. Perpustakaan harus kreatif untuk bisa menarik pembaca. Utamanya, anak-anak, pemuda dan pelajar. Misalnya, dengan mempercantik ruangan, di mana pembaca bisa membaca buku dengan santai. Baik dengan desain ruang konsep alam, ruang bersantai keluarga, dan sebagainya. “Seperti ruang kerja kreatif atau ruang kerja inspirasi yang saat ini sedang menjadi tren,” kata Mujib.

Politisi Partai Golkar itu menambahkan, mobil perpustakaan keliling bisa menjangkau masyarakat pelosok yang sulit mengakses perpustakaan. Sehingga mereka bisa membaca dan pinjam buku di tempat. “Namun, perlu upaya lain dengan membuat perpustakaan yang terintegrasi. Yakni, antar satu perpustakaan satu dengan lainnya terkoneksi secara online berikut data katalog buku. Tujuannya, untuk memudahkan warga yang mencari buku. Ketika mencari buku cukup klik di internet, buku dan judul tersedia di perpustakaan mana itu terlihat. Jadi masyarakat tidak kesulitan mencari buku,” tambahnya.

Wakil rakyat yang membidangi pendidikan, olahraga dan sejarah ini juga mendorong agar lulusan SMK tak hanya berorientasi kerja. Tapi juga melanjutkan kuliah dari hasil kerja. Karena itu, perlu dibangun semangat belajar untuk masa depan yang lebih baik. “Seseorang harus kerja untuk mencukupi kebutuhannya. Tapi melanjutkan pendidikan juga wajib, sehingga keduanya berjalan bersama.”

Menurut Mujib, sekarang ini ada jam kuliah khusus pekerja pada akhir pekan ataupun kelas sore dan malam. Karena itu, guru SMK harus memberikan motivasi dan mengawal lulusannya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Selain itu, juga bisa dilakukan dengan mencarikan beasiswa. “Guru dan wali kelas harus memantau, siswanya yang kuliah, dan siswanya yang kerja sambil kuliah atau siswanya yang belum kuliah. Sehingga mereka yang belum kuliah bisa tergerak untuk kuliah.” (bud/isk)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here