32 C
Semarang
Kamis, 24 Juni 2021

10 Langkah Revitalisasi SMK

RADARSEMARANG.COM – Sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, khususnya pasal 15 dijelaskan bahwa SMK merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.

Pendidikan kejuruan mempunyai tujuan umum untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan peserta didik kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki akhlak mulia, pengetahuan dan wawasan kebangsaan yang luhur. Mempunyai tujuan khusus menyiapkan peserta didik dengan pengetahuan, kompetensi, teknologi dan seni agar menjadi manusia yang produktif, maupun bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan industri sebagai tenaga keraja tingkat menengah sesuai kompetensi.

Sementara itu SMK diharapkan mampu turut serta berperan atau andil dalam mengatasi permasalahan kemiskinan dan pengangguran yang terus meningkat. SMK Negeri 1 Salam Kabupaten Magelang merupakan salah satu sekolah yang semakin dipercaya dan diminati oleh masyarakat terus berupaya untuk meningkatkan kualitas lulusannya.

Sekolah yang fokus melayani pendidikan bidang agribisnis dan teknologi serta bidang kemaritiman ini menerapkan sistem pendidikan dengan memberikan ruang yang cukup bagi siswa untuk mengembangkan potrensi, bakat dan minatnya melalui 10 langkah revitalisasi SMK.

Sepuluh langkah revitalisasi SMK tersebut terbagi dalam lima area yang terdiri atas kurikulum, guru dan tenaga kependidikan, kerja sama dengan dunia usaha/dunia industri, sertifikasi dan akreditasi, serta sarpras dan kelembagaan.  Adapun sepuluh langkah revitalisasi yang diterapkan SMKN 1 Salam  yaitu  revitalisasi sumber daya manusia, membangun sistem administrasi sekolah (SAS) berbasis sistem informasi manajemen (SIM).

Kemudian link and match dengan industri, kurikulum berbasis industri, dan  teaching factory. Selain itu oenggunaan media video tutorial, uji sertifikasi profesi, pemenuhan sarana dan prasarana. Selanjutnya pengembangan kearifan lokal, peran SMK sebagai penggerak ekonomi lokal. (*)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here