32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

Lebih Baik Perbaiki Jalan Pantura

Ketimbang Tol Fungsional Tak Nyaman

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Pemprov Jateng diminta benar-benar memastikan infrastruktur di Jateng layak untuk menyambut mudik Lebaran 2018. Sejumlah ruas jalan yang masih berlubang harus dibenahi dikebut pembangunannya. Selain itu, jalur tol Batang-Semarang yang akan digunakan secara fungsional harus menjadi perhatian serius.

“Jika memang memungkinkan, lebih baik tidak menggunakan tol fungsional. Karena selain anggaran yang digunakan besar, belajar dari tahun lalu pemudik justru tidak nyaman melaju di tol fungsional,” kata Anggota Komisi D DPRD Jateng, Muhammad Ngainirrichard.

Ia menambahkan, tahun lalu jalan tol fungsional di sepanjang pantura untuk pembuatan jalan sementara saja menghabiskan Rp 73 miliar. Anggaran untuk tol fungsional lebih baik digunakan untuk memperbaiki jalur pantura dan selatan agar kondisinya semakin baik. “Yang utama tetap harus kenyamanan pemudik, apalagi Jateng merupakan pintu keluar yang bakal dilalui ribuan pemudik,” ujarnya.

Meski begitu, jika harus digunakan fungsional, Pemprov dan pemerintah pusat harus mempersiapkannya dengan maksimal. Mulai kondisi aspal yang harus bagus, sampai perlengkapan di jalan harus lengkap. Terutama penerangan ketika malam hari, agar pemudik bisa leluasan berkendara. “Jika tidak ada kemacetan panjang, menurut saya fungsional tidak perlu digunakan,” tambahnya.

Politisi PPP ini menilai secara keseluruhan infrastruktur di Jateng sudah sangat bagus dan siap menyambut pemudik. Meskipun memang masih ada beberapa ruas yang rusak tapi tidak parah dan ada beberapa jalur butuh dilebarkan. Seperti jalur di sepanjang Suruh Kabupaten Semarang yang menghubungkan sampai Boyolali dan Klaten. Kondisi jalannya masih kurang lebar, saya kira harus secepatnya dilebarkan. Jika Pemkab tak ada anggaran bisa meminta bantuan Pemprov Jateng,” tegasnya.

Koordinasi antara Pemprov Jateng dan Jabar juga harus dimaksimalkan agar kondisi arus lalu lintas di Jateng tidak semrawut. Pemprov dan Polri juga harus menyiapkan skema agar sepanjang perjalanan pemudik merasa nyaman dan aman. Misalnya ketika ada kemacetan di satu titik harus dicarikan jalur lain agar tidak padat. “Kawasan rest area juga harus ditambah dan ditingkatkan pelayanannya. Karena Jateng merupakan jalur utama yang akan dilalui setiap mudik Lebaran,” tambahnya. (fth/ida)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here