32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

Pelayanan BPKB Berbasis Teknologi

Polda Bangun Gedung Baru

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Kepolisian Daerah (Polda) Jateng terus melakukan terobosan untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. Terbaru, Polda Jateng membangun gedung baru di Jalan Lampersari Raya, Lamper Kidul, Semarang Selatan, diperuntukkan khusus untuk pelayanan pengurusan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Sebagai awal pembangunan gedung ini dilakukan peletakan batu pertama oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, didampingi Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dan Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Jateng, Ihwan Sudrajat, Rabu (9/5) kemarin.

Condro menjelaskan, di era globalisasi saat ini, masyarakat menginginkan pelayanan prima yang cepat, murah, transparan, dan akuntabel. Untuk itu, Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Jateng terus berupaya mencari terobosan dan melakukan inovasi di bidang pelayanan kepada masyarakat.

“Dalam rangka pelayanan prima, di mana salah satu kebijakan Bapak Kapolri dan Wakapolri untuk promoter adalah peningakatan pelayanan publik berbasis teknologi informasi,” ungkapnya.

Condro menjelaskan, selama ini lokasi atau tempat pelayanan pengurusan BPKB masih menjadi satu dengan bangunan Ditlantas Polda Jateng. Menurut Condro, lokasi tersebut belum representatif, sehingga masyarakat berdesakan untuk mendapat pelayanan.

“Sekarang gedung ini berdiri sendiri berbasis teknologi informasi online. Ini untuk memberikan pelayanan prima, pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” bebernya.

Pembangunan gedung ini menelan biaya sebesar Rp 9 miliar lebih dengan menggunakan anggaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Korlantas Mabes Polri. Bangunan ini nantinya dua lantai di atas lahan seluas 1700 meter persegi.

“Ada area seluas 1.700 meter persegi, kita ajukan ke Korlantas dan Alhamdulillah mendapat anggaran untuk pembangunan gedung layanan yang prototip. Targetnya November 2018 ini selesai,” katanya.

Gedung pelayanan ini nantinya diharapkan dapat memberikan pelayanan dengan baik kepada masyarakat. Bahkan, gedung ini juga akan menjadi percontohan untuk polda di wilayah lain.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh untuk bisa dikembangkan oleh Korlantas bisa membangun gedung pelayanan BPKB yang prototip di wilayah polda lain,” harapnya. (mha/aro)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here